Logo BBC

2019, Hampir Setengah Jumlah Perempuan Dilecehkan di Transportasi Umum

Merujuk berbagai survei dan kajian akademis, angkutan umum terus-menerus menjadi tempat yang berbahaya bagi penumpang perempuan. - AFP/GOH CHAI HIN
Merujuk berbagai survei dan kajian akademis, angkutan umum terus-menerus menjadi tempat yang berbahaya bagi penumpang perempuan. - AFP/GOH CHAI HIN
Sumber :
  • bbc

Sepanjang tahun 2019, nyaris 50% penumpang perempuan mengalami pelecahan seksual di transportasi publik di berbagai kota di Indonesia menurut survei terbaru Koalisi Ruang Publik Aman (KPRA).

Meski terus terjadi, belum ada efek jera yang dinilai membuat pelaku berpikir dua kali. Hukuman di luar proses persidangan dianggap penting untuk menghentikan rantai pelecehan seksual ini.

Monde, perempuan pengguna transportasi umum di Jakarta, mengaku tak bisa melupakan kejadian yang ia sebut menjijikkan.

Suatu kali saat tengah bepergian menggunakan kereta rel listrik (KRL), seorang laki-laki paruh baya mendekatinya. Monde berkata, laki-laki itu melihatnya dengan tatapan penuh nafsu.

"Dia sengaja mendekati saya karena gerbong sebenarnya tidak penuh. Saya langsung pergi, tidak menegurnya."

"Saya hanya balas menatapnya agar dia sadar bahwa saya tahu dia telah melecehkan saya," kata Monde kepada BBC Indonesia di Jakarta, Rabu (27/11).

Menerima perlakuan itu, Monde kemudian melapor ke petugas keamanan yang berjaga di dalam gerbong. Sayangnya, kata dia, pelecehan itu tak sempat diproses karena pelaku kabur.