Mendagri Ingatkan Pemda Mimika Hati-hati Pakai APBD Rp15 Triliun

Mendagri Tito Karnavian.
Sumber :
  • VIVAnews/ Syaefullah

VIVA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mimika, Papua, Jumat, 29 November 2019. Kunjungan kerja ini untuk meninjau perkembangan Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2020 yang direncanakan akan diselenggarakan di Provinsi Papua. 

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

Di sela-sela kunjunganya, Mendagri menitip pesan kepada Pemerintah Papua untuk menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah(APBD) dengan hati-hati.

"Saya berharap pemerintah provinsi Papua membangun komunikasi yang baik dengan Kabupaten/Kotanya untuk mengelola secara hati-hati APBD yang jumlahnya mencapai 15 T (Rp15 Triliun)," kata Tito dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 29 November 2019.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Tito menambahkan, Kemendagri memiliki tugas untuk me-review rancangan APBD yang diajukan daerah. “APBD nantinya akan di-review oleh Kemendagri supaya betul-betul anggaran menyentuh rakyat," ujar Tito. 

Saat ini, menurut Tito, banyak ditemui anggaran yang malah dominan digunakan untuk aparatur. Ia pun ingin agar anggaran digunakan untuk  kesejahteraan rakyat.

Youtuber Bobon Santoso Mau Jual Alphard Demi Kasih Makan Orang Papua

Lebih lanjut, mantan Kapolri ini berharap dengan kunjunganya ke pemerintah Kabupaten Mimika ini mampu menegaskan komitmen pemerintah, dalam hal efektifitas perencanaan anggaran.

“Pemerintah fokus dalam mengoptimalkan anggaran, semoga masyarakat semakin sejahtera selaras dengan pencapaian program Presiden Jokowi dan KH Ma’ruf Amin," ujarnya.

Tambang terbuka Grasberg yang sudah digali PT Freeport Indonesia. Kini operasional Freeport fokus ke tambang bawah tanah.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

PT Freeport Indonesia (PTFI) menyetorkan sekitar Rp 3,35 triliun bagian daerah, atas keuntungan bersih PTFI di tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024