Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Aceh Besar

Ilustrasi lokasi gempa darat Aceh.
Sumber :
  • BMKG

VIVA - Wilayah Aceh Besar diguncang gempa tektonik pada Kamis, 5 Desember 2019, pukul 16.13.50 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa ini berkekuatan M=5,5 selanjutnya dimutakhirkan menjadi M=5,0.

BMKG Mulai Persiapkan Ekspedisi Investigasi Fenomena Kegempaan Zona Megatrust di RI

"Episenter terletak pada koordinat 5,21 LU dan 95,79 BT tepatnya di darat pada jarak 22 km arah tenggara Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar pada kedalaman 10 km," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, melalui siaran persnya.

Daryono mengatakan gempa ini merupakan jenis gempa dangkal yang dipicu Sesar Besar Sumatra tepatnya pada Segmen Seulimeum. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempabumi memiliki mekanisme sesar mendatar/geser (strike-slip fault).

BNPB dan BMKG Kerja Sama Perkuat Sistem Peringatan Dini Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

"Segmen Sesar Seulimeum yang merupakan sesar geser ini memiliki magnitudo tertarget mencapai M=6,9 dengan laju pergeseran sesar 7,0 mm per tahun. Sesar aktif ini tentu patut untuk diwaspadai," ujarnya.

Daryono melanjutkan dampak gempa dirasakan di daerah Sukamakmur Aceh Besar, Pidie, Peukan Banda Aceh, Aceh Jaya, Mata Ie dalam skala intensitas II-III MMI dimana guncangan dirasakan oleh semua orang seakan akan ada truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Masih Banyak Material Sisa Erupsi Gunung Marapi yang Bisa Picu Bencana Susulan, Kata Gubernur

"Hasil monitoring BMKG juga belum tampak ada aktivitas gempa susulan (aftershock)," katanya.

Daryono menambahakn gempa Aceh Besar ini sangat menarik dikaji, karena terjadi di zona Sesar Segmen Seulimeum yang sudah sekian lama tidak terjadi gempa. Catatan terakhir bahwa di zona ini pernah terjadi gempa pada tahun 1964 berkekuatan M=6,5 dan pada tahun 1967 berkekuatan M=6,8.

Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT yang masih mengeluarkan asap

Ada Aliran Lava Baru, Gunung Ile Lewotolok Gempa Tremor Menerus, Menurut Badan Geologi

Badan Geologi merekam kejadian gempa tremor menerus yang terjadi pada Gunung Ile Lewotolok di Lembata, NTT, karena adanya aliran lava baru di sektor barat.

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2024