Jokowi akan Terima Langsung Penghargaan Asian of The Year 2019

Presiden Jokowi raih penghargaan dari The Straits Times
Sumber :
  • Instagram Jokowi

VIVA – Presiden Joko Widodo dinobatkan gelar Asian of the Year 2019 dari media massa Singapura The Straits Times Kamis kemarin. Bagi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, pemberian gelar itu berkat peran dan kepemimpinan Presiden Jokowi.

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

"Saat saya baca, salah satu leadership beliau yang secara spesifik dimuat adalah tentang leadership beliau di dalam membentuk, membangun konsep leadership beliau untuk ASEAN Outlook on Indo-Pacific," kata Retno kepada wartawan.

Presiden Joko Widodo dinobatkan oleh media asal Singapura itu karena menjadi sosok pemersatu di tengah masa kekacauan. Jokowi dipilih karena ketangkasannya dalam menavigasi arus politik dalam negeri yang rumit dan urusan internasional.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Pada pemilihan umum presiden bulan April tahun ini, Jokowi mengalahkan rivalnya, yakni Prabowo Subianto dan kembali menjabat sebagai presiden untuk masa jabatan yang kedua.

Straits Times menuliskan karier politik Jokowi dari wali kota Solo, lalu menjadi pemimpin negara yang memiliki ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara. Para editor mengatakan kepribadian Jokowi yang membumi, kemampuan untuk berhubungan dengan orang-orang, berempati dengan rakyat jelata telah menarik banyak pengagum di dalam negeri. Di luar negeri, mereka memuji kemampuannya menghadapi tantangan strategis yang dihadapi negaranya dan di kawasan

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Editorial Straits Times juga memuji peran Jokowi yang menempatkan Indonesia di ASEAN, blok regional beranggotakan 10 negara dalam beberapa waktu terakhir.

Seperti diketahui, para pemimpin negara-negara anggota telah mengadopsi ASEAN Outlook on Indo-Pacific yang dirancang oleh Indonesia, pada KTT ASEAN di Bangkok. Outlook tersebut mempertahankan posisi netral ASEAN di tengah meningkatnya persaingan antara China dan Amerika Serikat.

Presiden Jokowi adalah yang pertama memperkenalkan konsep kerja sama berdasarkan prinsip-prinsip utama seperti keterbukaan, inklusivitas dan sentralitas ASEAN pada East Asia Summit di Singapura, November 2018.

Duta Besar RI untuk Singapura Ngurah Swajaya mengatakan penghargaan itu akan disampaikan secara langsung kepada Presiden Jokowi di Jakarta pada awal Januari 2020.

The Straits Times telah memilih tokoh atau individu dan organisasi yang diberikan penghargaan The Straits Times’ Asian of the Year selama 8 tahun terakhir. Adapun penerima penghargaan sebelumnya antara lain yaitu Mantan Perdana Menteri Lee Kuan Yew, Perdana Menteri Narendra Modi, Presiden Xi Jin Ping dan Perdana Menteri Shinzo Abe serta organisasi-organisasi tanggap darurat bencana alam. (ren)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya