1 Februari, Jemaah Umrah Asal Jabar Timur Lewat Bandara Kertajati

Ilustrasi calon jemaah umrah.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Masyarakat wilayah tiga Cirebon dan sekitarnya yang akan bertolak ke Tanah Suci, Mekah untuk menunaikan ibadah umrah bisa melalui penerbangan Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Sebelum Meninggal Dunia, Babe Cabita Jalani Ibadah Umroh Bersama Istri, Ungkap Hal Ini

"Menteri Agama setuju (umrah lewat Kertajati). Kita laksanakan mulai 1 Februari (2020)," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi usai bertemu dengan Menteri Agama, Fachrul Razi di Jakarta Pusat, Jumat 6 Desember 2019.

Budi menjelaskan, telah mengidentifikasi bahwa jemaah umrah dari wilayah Jawa Barat bagian Timur ini berjumlah 180 ribu orang. Ada yang dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Subang.

Haru, Anggi Pratama Kenang Momen Umrah dengan Stevie Agnecya

"Berarti, setiap hari bisa satu flight (penerbangan). Persoalannya. waktu itu kan harga Avtur. Harga avtur, Dirut Pertamina sudah menjamin harga avtur Kertajati sama dengan Soetta (Bandara Soekarno-Hatta). Sudah selesai," katanya.

Tak hanya itu, dalam pertemuan tadi, Budi menyebutkan nantinya Bandara Kertajati ini bisa digunakan untuk para jemaah haji tahun 2020 menuju Arab Saudi.

Prilly Latuconsina Tulis Isi Hati Menyentuh Usai Jalani Ibadah Umrah

Memang, ada yang perlu dibahas dan dikoordinasikan mengenai kesiapan ke depannya. Sehingga, masalah-masalah yang perlu dipersiapkan, baik itu berkaitan dengan penerbangan dan fasilitas bisa diselesaikan.

"Bahkan, saya akan berkunjung ke Kedutaan Arab Saudi, untuk memastikan Garuda itu akan mendarat di mana. Saya sangat confidence ya, dengan kedutaan Arab Saudi juga. Jadi, dukungan pak Menteri Agama dan ini Insyallah Kertajati bisa dimanfaatkan," katanya.

VIVA Militer: Bendera Republik Islam Iran

Warga Iran Kini Dapat Kembali Berangkat Umrah Setelah 9 Tahun, Hal Ini Jadi Penyebabnya

Kelompok dari Iran memulai perjalanan mereka ke Arab Saudi pada hari Senin, 22 April 2024, untuk melakukan ibadah umrah pertama kali dalam sembilan tahun tidak bisa umroh

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024