Mahfud Klaim Penanganan Kebakaran Hutan RI Lebih Baik dari Negara Lain

Menko Polhukam Mahfud MD
Sumber :
  • VIVAnews/Ridho Permana

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengklaim kebakaran hutan dan lahan pada tahun 2019 tertangani dengan baik. Dia membandingkan dengan negara-negara lain yang juga memiliki masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Menteri LHK Siti Nurbaya: Indonesia Sukses Tekan Deforestasi dan Karhutla

"Apalagi jika dibandingkan dengan negara lain yang juga punya masalah dengan karhutla. Indonesia terhitung yang paling aman, meskipun kita masih merasakan di sana sini masih ada. Itu di tahun 2019," kata Mahfud usai rapat koordinasi tentang karhutla di kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Jumat, 6 Desember 2019.

Rapat juga membahas antisipasi kathutla di tahun 2020. Berdasarkan laporan yang dia peroleh, masalah itu bisa diantisipasi lebih baik lagi karena didukung iklim yang tidak seekstrem tahun 2019.

Penanganan Karhutla di Sumsel Efektif, Jumlah Hotspot Terus Berkurang

"Tahun 2020, menurut [Kepala] BMKG, Prof Dwikorita, insyaallah tidak akan terjadi perubahan iklim yang ekstrem. Insyaallah lebih mudah diantisipasi, dan kami, berdasarkan evaluasi yang dilakukan tadi, alhamdulillah cukup bagus," katanya.

Mahfud meminta dukungan semua pihak untuk kampanye antisipasi sekalian melaporkannya kepada Presiden Joko Widodo tentang program antisipasinya pada 2020.

Curah Hujan Tinggi, Bencana Banjir Bandang dan Longsor jadi Ancaman Baru di Sumsel
Penyusutan Hutan Alam Akibat Deforestasi

Tekan Deforestasi ke Titik Terendah, Begini Cara KLHK

 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan pemantauan hutan dan deforestasi setiap tahun.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024