Agus Rahardjo Pasrah soal Dewan Pengawas KPK Pilihan Jokowi

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo untuk memilih lima nama Dewan Pengawas KPK.  "Pertama ditentukan oleh presiden, ya silakan," kata Agus di kantornya di Jakarta, Jumat 6 Desember 2019. 

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Dewan Pengawas KPK merupakan amanat Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Dewan Pengawas terdiri lima anggota dengan seorang merangkap sebagai ketua.

Dalam UU KPK yang baru, Dewan Pengawas memiliki peran yang sangat penting dalam kerja KPK salah satunya mengeluarkan izin penyadapan.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Untuk periode pertama, Dewan Pengawas KPK akan dipilih langsung oleh Presiden kemudian dipilih melalui panitia seleksi dan DPR sebagaimana proses pemilihan calon pimpinan KPK. 

Untuk periode pertama, lima anggota Dewan Pengawas yang dipilih Presiden akan dilantik bersamaan pelantikan pimpinan KPK Jilid V pada 21 Desember 2019.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Agus mengatakan, sejauh ini KPK juga tidak dimintai pendapat tentang pemilihan Dewan Pengawas. Dia pun enggan menjawab saat diminta kriteria ideal calon Dewan Pengawas. Sebagai pelaksana UU, kata Agus, KPK hanya menjalankan UU baru, termasuk mengenai nama-nama Dewan Pengawas.

"Kita menunggu penetapan Dewas (Dewan Pengawas) itu, kan dilantik sama-sama dengan pimpinan baru," ujarnya.

Agus memastikan tidak merekomendasikan nama dari KPK kepada Jokowi. Dia meyakini Jokowi melalui Mensesneg Pratikno telah memiliki nama-nama calon Dewan Pengawas.

"Kan yang memilih Presiden, Presiden pasti kan sudah punya nama. Yang saya dengar, kan, koordinatornya Mensesneg, pasti masukan dari sana. Tidak elok kalau mengusulkan diri sendiri," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya