Bekasi Diguncang Gempa, Warga Panik

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA –  Gempa berkekuatan 3,2 magnitudo guncang wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa 10 Desember 2019. Warga panik, karena saat kejadian terdengar suara hentakan kencang mirip amblasnya tanah ke dalam kubangan.

Proyek Bangun Masjid Mantan K-Pop Daud Kim di Incheon: Kontroversi Memanas, Warga Menolak!

"Seperti ada yang amblas tanahnya di sekitar lokasi perumahan saya," kata warga Perumahan Mega Regency, Cibarusah, Clara Faradhika, Selasa 10 Desember 2019.

Clara mengaku, hentakan tanah itu didengarnya sangat kencang. Namun, tidak ada yang luka atas kejadian itu. Warga kebanyakan memilih untuk tidak keluar rumah.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

"Untuk durasi gempa hanya sebentar dirasakan warga. Tak lama berangsur normal lagi. Warga semua takut sampai tidak ada yang berani keluar rumah," kata Clara.

Hal senada juga dikatakan, Karimah (31 tahun), warga Tambun, Kabupaten Bekasi. Menurut dia, sangat berasa sekali guncangannya. Dia merasakan lantainya sempat bergerak, meski tidak kencang. "Berasa sekali guncangan gempanya," ujarnya.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Dalam hal ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Gefisika (BMKG) menyatakan terjadi gempa bumi tektonik berkekuatan 3,2 magnitudo. 

Analisis BMKG menunjukkan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 6.54 LS-107.08 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 22 Km barat daya Kabupaten Bekasi dengan kedalaman 4 kilometer. Gempa ini tidak berpotensi tsunami. 

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya