Ular Kobra 1,5 Meter Teror Warga Aceh Besar

Petugas Damkar mengamankan seekor ular Kobra di Aceh Besar
Sumber :
  • VIVAnews/Dani Randi

VIVA – Seorang warga Mon Mata, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar dikagetkan dengan kehadiran seekor ular kobra dengan panjang 1,5 meter. Ular itu mampir ke kamar mandi rumahnya.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Informasi yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, penangkapan ular cobra itu berawal dari informasi masyarakat bernama Imran (57). Yang menyebutkan ada seekor ular Kobra di kamar mandi rumahnya.

Mengetahui informasi itu, pihak BPBD langsung turun ke lokasi, kemudian melakukan penangkapan ular tersebut. Awalnya, ular Kobra itu berada pada sudut sempit kamar mandi. Sehingga menyulitkan petugas untuk menangkapnya.

Terungkap, Lebih dari 400 Ekor Ular Dikerahkan di Prosesi Syuting Film Badarawuhi

"Menurut keterangan Imran, ular tersebut mencoba mengganggunya saat sedang mengambil sesuatu di belakang rumahnya," kata petugas Pusdalops BPBD Aceh Besar, Iqbal, Jumat, 13 Desember 2019.

Namun tak berselang lama, ular itu dapat diamankan melalui anggota BPBD Aceh Besar yang mempunyai keahlian menaklukkan binatang jenis reptil. Beruntung, dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa.

Microbus Angkut 23 Wisatawan Masuk Jurang di Aceh Besar

Usai ditangkap, ular Kobra itu kemudian diamankan ke pos WMK Lhoong, dan akan dilepasliarkan kembali ke alam habitatnya.

Sementara di Kota Bekasi, temuan induk ular Kobra di Kampung Poncol Jaya, Jakasampurna, Bekasi Barat, rencananya akan diberikan kepada komunitas reftil.

"Kemungkinan yang berhasil ditangkap adalah induk ular kobra, dan sekarang sudah kami evakuasi, dan akan diberikan ke komunitas reftil yang menginginkannya," kata petugas pemadam kebakaran pada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Eko Uban, Jumat 13 Desember 2019.

Petugas Damkar mengamankan seekor ular Kobra

Foto: Petugas Damkar mengevakuasi ular Kobra di Bekasi

Eko menambahkan, dalam evakuasi itu pihaknya berupaya mengeluarkan ular Kobra dari penangkapan warga sebelumnya dari botol galon. Setelah kepala ular keluar, petugas menjepit lehernya menggunakan tongkat besi.

Saat proses evakuasi, diakui Uban, petugas pemadam kebakaran menggunakan celana panjang serta helm penutup wajah untuk mencegah semburan bisa Kobra tersebut. 

Eko mengaku sejauh ini penyisiran di lokasi penemuan induk ular Kobra sudah dihentikan. Sebab, kondisi tempat tidak memungkinkan untuk ditindaklanjuti petugas. "Soalnya depan lokasi itu rawa, dan kanan kirinya (maaf) banyak barang rongsokan," ujarnya.

Sebelumnya, di Kampung Poncol Jaya, RT 04, RW 19, Kelurahan Jakasampurna, Bekasi Barat, Kota Bekasi, ada ular kobra berkeliaran. Beruntung, ular sepanjang dua meter itu berhasil ditangkap warga, Kamis 12 Desember 2019.

Kejadian itu bermula, ketika Subandi Yanto, (52), sedang istirahat sepulang berjualan nasi goreng. Di tengah keasyikannya, tiba-tiba ular kobra melintas di depan halaman rumahnya. Sontak, Subandi terkejut dan panik. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya