Habib Luthfi, Ulama Karismatik Jadi Wantimpres

Habib Luthfi bin Yahya pada Tablig Akbar dan Doa Bersama di Mabes TNI Cilangkap.
Sumber :
  • Antara Foto/ Dhemas Reviyanto.

VIVA - Sejumlah tokoh senior dari berbagai bidang telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Dewan Pertimbangan Presiden alias Wantimpres untuk periode 2019-2024. Salah satu anggota yang dilantik sore tadi adalah Habib Luthfi, salah satu tokoh Islam berpengaruh di dunia.

Komposisi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran Tunggu Penetapan Resmi KPU

Ulama berusia 72 tahun itu memiliki nama lengkap Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya. Ia merupakan seorang pendakwah (syekh) yang juga menjabat sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah.

Sebagian besar masa pendidikan ulama kelahiran Pekalongan itu dihabiskan di pondok pesantren. Pendidikan pertamanya didapatkan dari ayahnya yakni Al Habib al Hafidz 'Ali al Ghalib. Setelah itu, dia belajar di Madrasah Salafiah.

Sosok Jenderal Termuda di Lingkungan Polri, Raih Bintang Satu Saat Berusia 45 Tahun

Habib Luthfi kemudian melanjutkan pendidikannya di Mekah, Madinah dan negara-negara lainnya. Ilmu yang ia dapatkan dari berbagai ulama besar dan wali-wali utama membuat penguasaan ilmu Habib Luthfi tidak dapat diragukan lagi.

Selain Habib Luthfi, beberapa nama yang juga dilantik sebagai anggota Wantimpres adalah mantan Menkopolhukam Wiranto, mantan Gubernur Jawa Timur dua periode dan mantan politikus Partai Demokrat, Soekarwo alias Pakde Karwo.

Dukung Stabilitas Politik, Kadin Indonesia Hormati Putusan MK soal Sengketa Pilpres 2024

Pengangkatan sembilan anggota Wantimpres tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 137/P tahun 2019 tentang Pengangkatan Dalam Keanggotaan Dewan Pertimbangan Presiden.

Waketum Nasdem, Ahmad Ali di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali menyambangi Presiden terpilih hasil Pilpres 2024 Prabowo Subianto di kediamannya di Jalan Kertanegara IV Jakarta Selatan, Selasa

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024