Banjir di Singkawang Kalbar, Puluhan Warga Diungsikan

Banjir yang terjadi di Kota Singkawang Kalimantan Barat
Sumber :
  • VIVAnews/Ngadri

VIVA – Sejumlah wilayah di kota Singkawang, Kalimantan Barat, tergenang banjir pada Minggu, 15 Desember 2019. banjir terjadi akibat air pasang dan curah hujan yang tinggi. Dampak akibat banjir di Singkawang, puluhan kepala keluarga mengungsi.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Singkawang menyebutkan banjir terjadi di Singkawang Tengah, Singkawang Barat dan Singkawang Selatan. Ketinggian air bervariasi, ada yang 75 cm dan ada yang mencapai pinggang orang dewasa.

Dampak akibat banjir di tiga wilayah di kota Singkawang ada sekitar 70 jiwa yang mengungsi. Para pengungsi tersebut untuk sementara berada di posko pengungsian di kantor Lurah Condong, Kecamatan Singkawang Tengah.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

"Upaya kami dari BPBD menanggulangi bencana banjir, telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri. Kemudian melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir ke posko pengungsian," kata kata Sekretaris BPBD Kota Singkawang Cristian Valentinus kepada VIVAnews pada Minggu, 15 Desember 2019.

Ia melanjutkan, BPBD kota Singkawang juga telah memberikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak banjir. Seperti, telur, Indomie, beras, gula dan minyak goreng.

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

"Saya menghimbau kepada warga agar selalu waspada dengan kondisi ekstrim saat ini. Sejumlah tempat yang dipasang rambu-rambu agar diperhatikan," ujarnya.

BPBD juga meminta kepada warga apabila terjadi sesuatu segera memberikan informasi secepatnya kepada petugas BPBD. Sehingga warga yang terdampak banjir cepat mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"Kami dari BPBD kota Singkawang selalu siaga untuk memberikan Penanganan kepada warga yang terdampak banjir. Oleh sebab itu warga jangan segan untuk menginformasikan kepada petugas BPBD," katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya