Wisatawan Rusak Meja Marmer Keraton, Sultan: Enggak Apa-apa

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Salah satu benda bersejarah milik Keraton Yogyakarta rusak karena ulah wisatawan yang ingin berswafoto, Senin, 16 Desember 2019. Benda bersejarah yang rusak itu adalah meja milik Sri Sultan HB VIII yang dipajang di Museum Keraton Yogyakarta.

British Museum Sues Former Curator Over Alleged Thefts

Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan HB X, pun mengomentari rusaknya kursi milik kakeknya tersebut. Gubernur DIY ini mengatakan jika kerusakan yang terjadi pada meja tersebut berada dalam skala kecil.

Sultan mengatakan meja berwarna emas tersebut sudah dalam proses perbaikan. Perbaikan meja tersebut dilakukan oleh pihak Keraton Yogyakarta.

British Museum Tuntut Kurator karena Curi dan Jual Ilegal 1.800 Artefak Sejarah

"Kecil (kerusakan yang terjadi). Enggak apa-apa. Kita perbaiki saja. Baru proses perbaikan itu," ujar Sultan HB X di Kantor Gubernur DIY, Selasa, 17 Desember 2019.

Diberitakan sebelumnya, meja peninggalan Sultan HB VIII rusak karena ulah wisatawan. Meja kayu tersebut tersenggol wisatawan yang naik ke podium.

Museum Kepresidenan RI Gelar Walking Tour Gratis

Akibatnya kaki penopang meja itu pun patah. Sedangkan marmer yang dipakai meja pun jatuh. Beruntung, marmer meja itu jatuh di podium dan tak langsung mengenai lantai. Selain itu, kerusakan juga terjadi pada podium tempat memajang meja dan kayu peninggalan Sultan HB VIII. (ase)

Museum MACAN

Museum MACAN Open House sampai 21 April, Bisa Jadi Ide Hangout!

Ingin menghabiskan waktu yang berbeda dari biasanya bersama keluarga, teman, atau bahkan pasangan? Kamu bisa jadikan Museum MACAN ide hangout karena sedang open house.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024