Menteri Pertanian Yakin Varietas Unggul Bisa Bersaing di Luar Negeri

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVAnews

VIVA – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap daya saing varietas tanaman yang dihasilkan di dalam negeri lebih meningkat sehingga bisa bersaing menghadapi varietas dari luar negeri.

BPBD Assessment Pergerakan Tanah di Purwakarta

"Kita berharap hasil varietas kita mampu bersaing dengan varietas di luar negeri," kata Syahrul Yasin Limpo di dalam acara Pekan Perlindungan Varietas Tanaman yang digelar di Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis, 19 Desember 2019.

Mentan mengingatkan,  Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, serta memiliki lahan pertanian yang sangat luas. Syahrul juga menuturkan, varietas tanaman unggulan telah memberdayakan banyak lahan dan dimanfaatkan oleh jutaan orang.

Kinerja Seluruh Sektor Lapangan Usaha Kinclong Kuartal I-2024, BI Kasih Buktinya

Ia juga mengungkapkan kisah tentang Korea Selatan yang pernah menurunkan ribuan hingga puluhan ribu orang ke seluruh daerah dalam rangka menjelaskan satu varietas unggulan untuk dikembangkan.

Varietas yang unggul, ujar dia, memiliki daya kompetitif bila memiliki kualitas, harga yang bersaing serta terjaga atau memiliki daya tahan yang baik.

10 Negara yang Mengekspor Tembakau Terbanyak di Dunia, Indonesia Segini

Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementan Erizal Jamal memaparkan bahwa sistem perlindungan varietas tanaman dinilai akan dapat membantu mencapai target guna meningkatkan ekspor pertanian pada 2024 hingga tiga kali lipat dari yang ada pada saat ini.

Ilustrasi pedesaan

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Penduduk pedesaan memiliki peran penting dalam keragaman demografi global. Ada negara-negara di mana sebagian besar penduduknya tinggal di pedesaan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024