JK Dianugerahi Hamengku Buwono (HB) IX Award 2019

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dianugerahi Hamengku Buwono (HB) IX Award 2019 oleh UGM
Sumber :
  • VIVAnews/Cahyo Edi

VIVA – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dianugerahi Hamengku Buwono (HB) IX Award 2019 oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Penanugerahan gelar ini diberikan di Grha Sabha Pramana (GSP), Kamis, 18 Desember 2019.

In Memoriam: Prestasi Gemilang Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu

HB IX Award ini rutin diberikan UGM untuk memeringati Dies Nataliesnya. Pemberian HB IX Award 2019 ke JK ini menjadi puncak Dies Natalies UGM ke-70.

Rektor UGM Panut Mulyono mengungkapkan bahwa UGM mempunyai sejumlah kriteria terkait penganugerahan HB IX Award ke JK. Salah satunya karena UGM menilai kiprah JK dalam membangun bangsa memiliki kemiripan dengan Sultan HB IX.

Sosok Jenderal Termuda di Lingkungan Polri, Raih Bintang Satu Saat Berusia 45 Tahun

Panut mengatakan, JK dinilai UGM mempunyai rekam jejak yang panjang dalam pemerintahan Indonesia. Selain pernah menjadi menteri, JK pun pernah menjabat dua kali sebagai Wakil Presiden.

Sosok JK pun dinilai UGM aktif dalam kegiatan kemanusiaan. JK juga dinilai sebagai sosok yang mampu menyelesaikan sejumlah konflik di Indonesia.

One Pride MMA King Size New Champion Gelar Acara Penghargaan

"Kita sangat mengenal Pak JK itu juru damai. Konflik di mana-mana, Pak JK sebagai ujung tombak dalam menengahi konflik itu," kata Panut.

Sementara itu, JK mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan UGM kepadanya. JK menilai sosok Hamengku Buwono IX merupakan tokoh besar yang telah berjuang untuk kemerdekaan dan mempertahankan bangsa Indonesia.

"Saya berusaha untuk selalu meningkatkan upaya pengabdian untuk kemajuan bangsa. Tentu tidak mudah untuk mendekati seperti Sri Sultan HB IX, tapi tentu kita semua punya cara masing-masing," ucap JK.

"Setiap saya menjadi pejabat negara, saya selalu berusaha melaksanakan tugas untuk kepentingan bangsa. Bahwa hal tersebut mendapatkan penghargaan dari UGM tentu ini adalah sebuah kebanggaan bagi saya dan keluarga," tutur JK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya