Agus Rahardjo Resmi Serahkan Kepemimpinan KPK ke Firli Bahuri Cs

Serah terima jabatan pimpinan KPK periode 2019-2023
Sumber :
  • VIVAnews/Edwien Firdaus

VIVA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019 alias jilid IV, Agus Rahardjo resmi menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan lembaga antirasuah kepada Ketua KPK jilid V atau periode 2019-2023, Firli Bahuri.

Dewas KPK Gelar Sidang Etik Nurul Ghufron 2 Mei terkait Dugaan Penyalahgunaan Wewenang

Acara serah terima jabatan sekaligus pisah sambut para  pimpinan KPK mulanya diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan pembacaan Pakta Integritas. Seluruh anggota Dewan Pengawas dan pimpinan KPK periode 2019-2023 secara bersamaan membacakan Pakta Integritas dan dilanjutkan penandatanganan.

Setelah seluruh anggota Dewas dan pimpinan KPK jilid V menandatangani Pakta Integritas, secara resmi Ketua KPK lama, Agus Rahardjo menyerahkan memori jabatannya ke Komjen Pol Firli Bahuri. 

Syamsuddin Haris Heran Albertina Ho Dilaporkan ke Dewas, Sindir Dugaan Etik Nurul Ghufron

Dengan demikian, tongkat kepemimpinan KPK selama empat tahun ke depan dinakhodai oleh Firli Bahuri dan empat pimpinan KPK lainnya.

Dalam sambutannya, Agus Rahardjo menyatakan bahwa acara serah terima jabatan sore ini sangat penting. Sebab, Agus resmi melepas jabatannya sebagai pucuk pimpinan KPK.

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK

"Hari ini kita saksikan serah terima ini, bagi kami, saya pribadi sangat berarti. Karena saya akan momong cucu. Lepas dari itu, baik pimpinan dan Dewas yang hari ini menjabat, sebagaimana kita ketahui UU baru, kita harus optimis tidak boleh pesimis," kata Agus dalam sambutan di Gedung Penunjang KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat petang, 20 Desember 2019.

Dalam acara sertijab ini juga dihadiri sejumlah pejabat negara, di antaranya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, Kepala PPATK, Kiagus Badaruddin, mantan Ketua KPK Taufiquerachman Ruki, serta Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Wahyu Hadiningrat.

Presiden Joko Widodo telah melantik lima pimpinan baru KPK periode 2019-2023 di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada siang tadi. Lima komisioner baru KPK periode 2019-2023 ini adalah Firli Bahuri, Alexander Marwata, Nawawi Pomolango, Nurul Ghufron, dan Lili Pintauli Siregar.

Pimpinan baru KPK jilid V dilantik bersama-sama dengan lima anggota Dewan Pengawas KPK. Adapun, lima Dewas KPK yang telah dilantik Presiden Jokowi yakni, Ketua Dewas, Tumpak Hatorangan Pangabean, dan empat wakilnya, Artidjo Alkostar, Harjono, Albertina Ho, dan Syamsuddin Haris. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya