Libur Natal, Basarnas Siapkan Helikopter dan Kapal Jaga Selat Sunda

Basarnas siagakan kapal jaga libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.
Sumber :
  • VIVAnews/ Yandi Deslatama (Serang)

VIVA – Tiga kapal dan satu helikopter disiagakan Basarnas untuk menjaga libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Kapal tersebut bersandar di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Banten.

Basarnas Evakuasi Ayah dan Anak yang Terjebak Banjir di Konawe Utara

Helikopter dan kapal tersebut akan selalu berpatroli mulai dari Lampung hingga ke Banten secara rutin. Terutama, saat perayaan pergantian tahun dari 2019 ke 2020 di wilayah Anyer hingga Carita.

"Di penyeberangan Merak-Bakauheni kita siapkan tiga kapal, KN Padi, Karna dan Sadewa, mereka melaksanakan patroli bergantian. Dengan selat tidak begitu lebar, tiga kapal plus helikopter sudah cukup," kata Kepala Basarnas, Marsdya Bagus Puruhito, ditemui di Posko Basarnas Banten yang berlokasi di Dermaga 3 Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu, 21 Desember 2019.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Posko SAR tak hanya ada di Pelabuhan Merak tapi juga ada di ruas tol Tangerang-Merak (Tamer), Anyer, Carita hingga Pulau Sangiang yang berada di perairan Selat Sunda.

Basarnas pun mengimbau kepada masyarakat yang akan berwisata untuk lebih berhati-hati saat musim libur. Karena saat ini sudah memasuki musim penghujan, sehingga rawan terjadi bencana longsor, banjir bandang, hingga gelombang tinggi.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

"Sekarang musim hujan, longsor, banjir itu salah satu kesiapsiagaan Basarnas Banten. Di tengah (Pulau Sangiang) kita siapkan rip boat di situ mempercepat respons time dan reaksi. SAR di darat kita siapkan di wisata Anyer dan Pandeglang," ujarnya.

Posko SAR yang dibuka oleh Basarnas di seluruh Indonesia selama libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 berjumlah 353 posko. Meski begitu, pihaknya mengaku masih kekurangan personel untuk melakukan operasi SAR.

"Idealnya itu 10.000 orang. Saat ini personel kita baru 3.500 orang. Kita terus meminta ke men-PAN RB agar bisa terus ditambah personelnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya