Millenial Glow Garden Diklaim Wahana Permainan Cahaya Terbaik di Asia

Millenial Glow Garden di Kota Batu Jawa Timur.
Sumber :
  • VIVAnews/Lucky Aditya

VIVA – Millenial Glow Garden di Jawa Timur Park 3, Kota Batu diklaim sebagai tempat wisata berkonsep cahaya terbaik dan terbesar di Asia. Wahana wisata ini baru dibuka satu pekan yang lalu untuk menyosong libur Natal dan Tahun Baru.

Mulai Peduli Kesehatan, Muncul Lagi Golongan Coffee Snob yang Ogah Pakai Gula

Manajer Operasional Glow Garden, Yusuf Indra Hermawan Jufri mengatakan, sebelum resmi membuka Millenial Glow Garden pengelola melakukan kunjungan ke beberapa tempat di Indonesia yang memiliki konsep sama. Selain itu, pengelola juga datang ke Jepang, untuk melihat seberapa besar wahana itu dibangun.

Menurutnya, rata-rata Glow Garden hanya dibangun dengan luasan beberapa meter saja. Sementara Millenial Glow Garden dibangun di atas tanah seluas 2 hektare, berkonsep indoor dan outdoor, serta menghabiskan daya listrik sebesar 600 ribu watt. Tempat ini pun diklaim lebih baik ketimbang Teamlab Borderles Tokyo, Jepang, atau Dubai Miracle Garden, di Uni Emirate Arab.

Nyatakan Cinta dengan Tinta, Millenial Hingga Gen Z Diminta Jangan Golput

"Kalau watt paling tidak yang indoor 600 ribuan, lebih baik dari Jepang, karena kita memadukan indoor dan outdoor. Luasan lebih luas kita. Ini di Indonesia ada beberapa, tapi kecil. Kita mencoba menciptakan yang terbesar di Indonesia. Luas area 2 hektare, outdoor dan indoor," kata Yusuf, Sabtu, 21 Desember 2019.

Di dalam area Millenial Glow Garden terdapat 16 area dengan tema yang berbeda. Konsepnya mengandalkan permainan cahaya melalui lampu, dan proyektor. Beberapa area juga dibuat tiga dimensi dan interaktif.

Erick Thohir Mendorong BUMN Menjadi Pionir “Mental Health” di Lingkungan Kerja

16 area itu dimulai dari Under The Sea permainan proyeksi dunia bawah air. Pengunjung dibuat seperti berada di kedalaman samudera. Setelah itu, ada tema Flower Forest di situ, pengunjung diajak melakukan relaksasi bunga-bunga yang bermekaran. Hingga menuju area relaksasi dengan suasana air terjun.

Millenial Glow Garden di Kota Batu Jawa Timur.

Setelah itu, pengunjung memasuki area Glow In The Dark pengelola menampilkan glow hasil karya seni dari seniman sekitar berbentuk lukisan atau patung yang dibuat bercahaya. Di area ini disediakan kacamata tiga dimensi bagi pengunjung.

Kemudian pengunjung memasuki ruang film tempat ini dibuat seolah-olah masuk di dalam film itu sendiri. Ada dua tema, pertama salju di Kutub Utara dan Sakura di Jepang. Di tengah-tengah kedua itu ada ruang bola interaktif yang bila dipukul bisa berganti warna.

"Yang outdoor kita tawarkan taman bunga dengan lampu-lampu juga ada layar besar pertama di Indonesia, di sana nanti akan ada video-video yang akan ditampilkan. Ini masih 80 persen, tapi akan terus berkembang tidak tahu kapan 100 persennya, karena wahana yang ada selalu diperbarui," ujar Yusuf.

Salah satu pengunjung Millenial Glow Garden asal Jakarta, Sekar Aprilia (23 tahun) mengaku dirinya sengaja berlibur ke tempat ini, karena dianggap memiliki spot foto yang instagramable. Dia mengaku terkesan dengan konsep indoor dan outdoor yang ditawarkan sehingga pengunjung tidak bosan.

"Karena terkenal sudah di mana-mana kan ini Millenial Glow Garden datang ingin tahu. Menurutku sih ini paling keren apalagi ada indoor dan outdoor punya banyak spot foto keren. Saya pernah ke tempat seperti ini, tapi ini paling bagus," tutur Sekar.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya