Gerhana Matahari Cincin Terlihat Sempurna di Simeulue

Sejumlah warga mengamati gerhana Matahari cincin melalui teleskop di halaman Masjid Baiturrahman, Kabupaten Simeulue, Aceh, Kamis, 26 Desember 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Dani Randi

VIVA – Gerhana matahari menyapa seluruh Aceh pada Kamis, 26 Desember 2019. Dari 23 kabupaten/kota di Aceh, hanya dua daerah yang dilewati gerhana matahari cincin (GMC), yaitu Simeulue dan Aceh Singkil.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Pantauan VIVAnews, di halaman Masjid Baiturrahman, Kabupaten Simeulue, gerhana matahari cincin terjadi pada pukul 11.55 WIB dan hanya berlangsung selama 2 menit 53 detik. Melalui pengamatan teleskop, gerhana matahari cincin di Simeulue tampak sempurna berbentuk cincin.

Selama detik-detik menjelang gerhana matahari cincin, cahaya matahari di Kabupaten Simeulue sempat meredup, namun hanya beberapa menit, kemudian kembali terang.

5 Fakta Menarik Gerhana Matahari Total pada 8 April 2024

Sejumlah warga mengamati gerhana Matahari cincin melalui teleskop di halaman Mas

Ribuan orang yang menyaksikan gerhana matahari cincin juga tampak antusias. Secara bergantian warga melihat proses gerhana matahari melalui teleskop dan kacamata gerhana yang telah dibagikan sebelumnya. Menjelang gerhana cincin, ribuan warga juga menggelar salat kusuf untuk menyambut fenomena alam itu.

Top Trending: Gerhana Matahari dalam Ramalan Jayabaya hingga Warga Salat Tarawih di Alfamart

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh, Daud Pakeh, mengimbau masyarakat untuk meningkatkan ibadah pada hari terjadinya fenomena alam yang langka itu, di antaranya berdoa, berzikir, bersedekah dan membaca al-Quran serta melakukan amalan lainnya.

Fenomena Unik Langit Yunani, Warna Oranye Bak di Planet Mars

Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

Yunani berubah warna menjadi oranye pekat ketika awan debu yang bertiup melintasi Laut Mediterania dari Afrika Utara menyelimuti daerah Acropolis dan landmark kota Athena

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024