Rumah Ludes Terbakar gara-gara Charger Handphone

Rumah ludes terbakar gara-gara lupa cabut charger.
Sumber :
  • VIVAnews/ Lucky Aditya.

VIVA - Peristiwa ini menjadi pelajaran bagi kita semua pengguna handphone. Sebuah rumah di Jalan Danau Batur, Kedungkandang, Kota Malang, ludes terbakar pada Kamis, 26 Desember 2019. Gara-garanya, sebuah handphone yang dicas atau sedang isi daya yang ditaruh di atas kasur meledak.

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

Smartphone itu milik anak pemilik rumah, Soetomo. Kejadian bermula saat anak pemilik rumah mengisi daya handphone di kamar lantai dua. Handphone yang sedang mengisi daya itu lantas ditinggal ke bawah atau ke lantai satu rumah.

"Anak pemilik rumah (Soetomo) nge-cas HP ditaruh di atas kasur, terus ditinggal sebentar ke bawah. Nah, sesaat setelah balik ke kamar atas, ternyata HP sudah dalam kondisi gosong terbakar dan api sudah merembet ke seprai serta barang lain di kamar itu," kata Analis Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Malang, Mahfuzi.

Ratusan Rumah di Bekasi Terendam Banjir, Mayoritas Ditinggal Mudik Lebaran

Mahfuzi mengatakan api cepat merambat karena pada kamar terdapat bahan-bahan mudah terbakar. Di antaranya, kasur, lusinan seprai, bed cover, kipas angin, kursi, meja, gorden dan lemari pakaian. Kebakaran terjadi sekitar pukul 13.00 WIB dan berhasil dipadamkan 30 menit kemudian.

"Banyak yang terbakar karena pemilik rumah pengusaha konveksi di mana barang-barangnya banyak tersimpan di kamar. Total kerugian masih dihitung. Pemilik rumah mengerahkan peralatan seadanya, tapi api sudah besar sehingga upaya tim reaksi cepat kami tak optimal, akhirnya datanglah 2 unit PMK 15 menit kemudian. Api dapat dijinakkan sekitar 30 menit," ujar Mahfuzi.

Sadis! Suami Bakar Istri di Jayapura Gara-gara Sakit Stroke

BPBD Kota Malang mengimbau kepada masyarakat agar melakukan pengecekan jaringan kabel di rumah apakah sudah sesuai SNI atau tidak. Selain itu, masyarakat juga diimbau menggunakan charger HP yang sesuai dengan merek HP-nya. Dilarang memakai kepala charger abal abal.

Selain itu, periksa kabel USB-nya dulu sebelum dicas, apakah ada bagian kabel yang cacat atau tidak. Dilarang mengecas HP malam hari dan ditinggal tidur. Dilarang meninggalkan HP atau laptop yang terhubung dengan listrik dalam jangka waktu lama.

"Serta jauhkan HP yang dicas dari barang-barang yang mudah terbakar. Dan tempatkan HP atau laptop yang di cas di ruangan yang memiliki sirkulasi udaranya bagus," tutur Mahfuzi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya