Genjot Potensi Ekonomi Kreatif, Begini Terobosan Denpasar

Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra (kanan)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pemerintah Kota Denpasar bikin terobosan demi mengembangkan potensi ekonomi kreatif di daerahnya. Salah satunya memberikan akses agar anak muda di Denpasar bisa optimal mengembangkan potensinya.

Floratama Learning Center, Solusi Jadikan Labuan Bajo Flores Destinasi Super Prioritas

Akses ini dengan mendirikan Gedung Dharma Negara Alaya. Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra langsung meresmikan gedung yang diharapkan menjadi tempat anak muda Denpasar menuangkan ide-ide kreatifnya. 

"Gedung ini strategi reinvestasi untuk menguatkan, mengembangkan, menggali dan mengeksploitasi kekayaan-kekayaan intelektual untuk mengembangkan ekonomi kreatif Kota Denpasar," ujar Rai saat peresmian gedung seperti disampaikan dalam keterangannya, Jumat, 27 Desember 2019.

Gibran Ungkap 5 Juta Peluang Lapangan Kerja di Sektor Kelestarian Lingkungan atau ‘Green Jobs’

Dia menambahkan, Denpasar punya visi misi dalam bidang ekonomi era digital yaitu sebagai kota yang kreatif serta punya identitas budaya kuat.

Rai menjelaskan, gedung ini akan memiliki berbagai ruang kreativitas. Ia berharap anak muda serta komunitas bisa mengoptimalkan penggunaannya. Misalnya, tersedianya co-working space, ruang pameran, hingga ruang video editing.

Ganjar Cerita Pemuda Modifikasi Mobil Bernilai Miliaran Urus Dokumen Kendaraan Dipersulit

Selain itu, ada ruangan besar yang dapat menampung 540 penonton. Ruangan ini dilengkapi dengan panggung besar.

"Ada juga ruang colour grading, ruang siaran radio, tempat berkumpul dan bertukar pikiran yang tersedia secara indoor dan outdoor, ada juga perpustakaan berisi buku buku kreatif," tutur Rai.

Kemudian, ia menambahkan, gedung ini memperkuat identitas Denpasar sebagai kota yang punya kebudayaan kuat. Apalagi mengingat persaingan global yang akan menyasar ke masyarakat muda.

"Sehingga dalam persaingan global mereka dapat mengembangkan dan menguatkan talenta mereka," kata dia. 

Rai pun berjanji akan memberikan kemudahan dalam penggunaan gedung ini. Tak perlu khawatir soal keribetan birokrasi. 

"Kami akan memudahkan proses dan perizinannya, sehingga kami harapkan ke depannya di sini bisa menjadi inkubator bisnis," sebut Rai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya