Usai Dilantik, Kades Terpilih di Toba Samosir Ditahan Polisi

Ilustrasi penjara.
Sumber :

VIVAnews - Seorang kepala desa di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, berinsial TP (41) harus merasakan dinginnya penjara. Karena, usai dilantik oleh Bupati Toba Samosir, Darwin Siagian, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Senin 30 Desember 2019, dia ditahan kepolisian.

Petugas Damkar Jaktim Diduga Cabuli Anak Kandung, Ibu dan Nenek Korban Diperiksa

TP adalah Kepala Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, dan ia terjerat kasus asusila yang tengah dilakukan penyidikan oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Toba Samosir dan ditahan pada awal bulan Desember 2019 ini. Dalam waktu dekat ini, akan dilimpahkan berkas dan TP ke Kejaksaan Toba Samosir untuk menjalani sidang.

Pelantikan diikuti 104 kades lainnya, diambil sumpah dan janjinya dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Toba Samosir. Kejaksaan Negeri Toba Samosir hadir dalam pelantikan itu, angkat bicara soal pelantikan TP.

Modus Ngaku Kasat Reskrim Polres Lampung Timur, 2 Emak-emak Tipu Anak Eks Kades Rp250 Juta

"Beliau memiliki hak untuk dilantik dan diambil sumpahnya. Usai pelantikan, beliau dikembalikan ke ruang tahanan dan kasusnya tetap jalan dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah," kata Kepala Kejari Toba Samosir, Robin Sitorus.

Usai menjalani pelantikan, kepolisian membawa TP untuk dilakukan penahanan di rumah tahanan Polres Toba Samosir. Dalam pelantikan tersebut, TP menjadi pusat perhatian warga yang hadir dalam pelantikan tersebut.

Main Judi Bareng Warga, Dua Kades di Kolaka Timur Ditangkap Polisi

"Jika terbukti bersalah, maka beliau akan dinonaktifkan dari kepala desa. Namun jika tidak terbukti, beliau akan kembali memimpin desanya," tutur Robinson.

Puan Maharani Ketua DPR RI, Rapat Paripurna Pembukaan Masa SIdang 2023-2024

DPR Sahkan Revisi UU Desa, Masa Jabatan Kades Jadi 8 Tahun

DPR RI mengesahkan Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dalam Rapat Paripurna yang digelar hari ini Kamis, 28 Maret 2024. Rapat paripurna tersebut di

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024