TNI AU Belum Dapat Pastikan Kapan Bandara Halim Dibuka Lagi

Petugas keamanan mendayung perahu karet saat banjir Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Fajar Adriyanto menyatakan, Bandara Halim Perdanakusuma ditutup untuk sementara waktu karena landasan pacu (runway) di sana tergenang setinggi 20 sentimeter menyusul hujan deras sejak Selasa sore. 

Arab Saudi Dilanda Banjir Bandang, Jalan hingga Sekolah Ditutup

Otoritas Bandara memutuskan menutup atau menghentikan sementara aktivitas penerbangan pesawat setelah memeriksa kondisi landasan pacu pada pukul 06.00 WIB, Rabu, 1 Januari 2020.

“Mungkin akibat hujan yang dua malam berturut-turut sehingga menyebabkan genangan di tengah runway setinggi 20 cm, sehingga jam enam pagi, kita memutuskan untuk di-close runway ini," kata Fajar Adriyanto kepada VIVAnews, Rabu, 1 Januari 2020.

Jalanan di China Selatan Ambruk dan Longsor, 36 Orang Tewas

Penutupan sementara Bandara Halim Perdanakusuma untuk semua jenis penerbangan, baik penerbangan militer maupun penerbangan komersial.

Sampai Rabu siang, aparat TNI AU bersama petugas Bandara Halim melakukan upaya untuk mengeringkan genangan air dari tengah landasan. Namun, proses pengeringan membutuhkan waktu lama karena hujan yang terus turun hingga siang.

Pengendara Motor di Indonesia Hari Ini Diminta Waspada

"Kita terus melakukan upaya untuk mengeringkan landasan. Menggunakan pompa, menggunakan alat yang ada, dan juga mengalihkan ke tempat-tempat yang lebih rendah. Jadi ini terjadi karena memang curah hujan yang sangat deras—itu pertama. Kedua, karena memang saluran drainasenya sudah tidak menampung," ujarnya.

Fajar belum dapat memastikan kapan Bandara dapat dibuka lagi, karena menyesuaikan kondisi cuaca, terutama kalau tidak lagi hujan. Dia berharap Bandara dibuka lagi pada sore nanti. "Mudah-mudahan sore nanti sudah bisa dibuka kembali. Tergantung kondisi alamnya," ujarnya.

Viral, video memperlihatkan ikan berjatuhan dari langit.

Viral Video Ikan Berjatuhan dari Langit

Sebuah video yang sangat mengejutkan telah menjadi viral dan menyebar dengan cepat di internet. Video tersebut menampilkan kejadian yang sangat tidak biasa di langit.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024