Jokowi Minta Tito Ingatkan Kepala Daerah Siaga Hadapi Bencana

Mendagri Tito Karnavian Bertemu denga Presiden Jokowi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada seluruh pimpinan kementerian untuk mengambil peran masing-masing dalam menghadapi musim hujan yang berpotensial menimbulkan bencana seperti banjir serta longsor. 

Menhub akan Usulkan ke Jokowi: Pekerja WFH untuk Cegah Kepadatan Arus Balik Lebaran

Instruksi itu juga ditujukan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian agar mengingatkan kepala daerah agar semuanya waspada dan siap siaga dalam menghadapi bencana.

"Terutama dalam musim hujan ekstrem seperti sekarang ini, ada persiapan, ada perencanaan, ada persiapan evakuasi," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin 6 Januari 2020. 

Prabowo Bertemu Jokowi Lagi pada Hari Kedua Lebaran, Ini Kata Elite Gerindra

Selain itu, Kepala Negara juga meminta agar seluruh Kementerian yang berkaitan terus terjun membantu ke lapangan. Misalnya, Jokowi mencontohkan, Kementerian Kesehatan harus aktif dalam memberikan pelayanan kesehatan. 

Lalu, Kementerian Sosial aktif memberikan bantuan hingga Kementerian BUMN agar bisa menggerakkan BUMN untuk ikut berkontribusi membantu para korban. 

Istana Jelaskan Kronologi Kericuhan Saat Open House Presiden Jokowi

"Meskipun saya lihat semuanya sudah bergerak namun saya ingatkan lagi," kata dia. 

Jokowi juga meminta kepada aparat penegak hukum yaitu TNI-Polri pada setiap kejadian agar secepatnya membantu ke lapangan.

"Juga Basarnas dan juga BNPB, perintah tak perlu saya ulang-ulang lagi," ujarnya. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya