Tanah Longsor di Banjarnegara, Akses Jalan Masih Terputus

Imbas longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah, Senin, 6 Januari 2020.
Sumber :
  • VIVAnews/ Dwi Royanto (Semarang)

VIVA – Intensitas hujan yang tinggi sepekan ini mengakibatkan tebing setinggi 20 meter di Kecamatan Pandanarum dan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, longsor pada Minggu,5 Januari 2020. Hingga kini akses jalan terputus total karena tertutup material tanah longsor.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Arief Rachman menjelaskan, proses evakuasi material longsor masih terhambat. Sebab hujan kembali turun di lokasi sejak Senin, 6 Januari 2020. "Petugas saat ini hanya hanya membuat jalan setapak bagi pejalan kaki, untuk sepeda motor dan mobil masih belum bisa lewat," ujarnya saat di konfirmasi via telepon.

Arief mengatakan, jalur yang tertimbun longsor merupakan jalur utama penghubung antara desa di Kecamatan Pandanaran menuju Kalibening. "Aktivitas warga sementara terhambat," ujarnya.

Jumat Ini KPK Panggil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor soal Korupsi Potongan Insentif

Selain itu, lanjut Arief,  kondisi tanah juga belum stabil. Menurutnya, ada potensi longsor susulan di lokasi tersebut. "Potensi longsor masih bisa terjadi. Maka kami imbau untuk masyarakat berhati-hati," katanya.

BPBD Banjarnegara mencatat, selama awal pekan di tahun 2020 telah terjadi lima kali longsor di Kabupaten Banjarnegara. Di antaranya tebing di Jalan Karangkobar longsor pada Kamis 2 Januari 2020 malam. Kemudian Rabu, 1 Januari 2020 terjadi dua kali longsor di Kecamatan Wanadadi dan Pagedongan. "Di kecamatan Wanayasa dua kali longsor pada Jumat 3 Januari," kata Arief.

Abu Vulkanik Gunung Ruang Ganggu Penerbangan, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang
BPBD Kabupaten Purwakarta menyelidiki pergerakan tanah

BPBD Assessment Pergerakan Tanah di Purwakarta

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta menyelidiki pergerakan tanah di Kampung Cibodas dan Kampung Panyindangan Kabupaten Purwakarta.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024