Banjir Bandang Terjang Wilayah Ketanggungan Brebes

Ilustrasi prakiraan cuaca
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jojon

VIVA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan hujan deras yang terjadi di Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah, mengakibatkan banjir bandang pada Rabu malam, 8 Januari 2020. Ketinggian air, berdasarkan catatan BNPB, mencapai 50-150 sentimeter pukul 21.00 WIB.

Suara Bergemuruh! Warga Ungkap Detik-detik 'Galodo' Terjang Permukiman di Lereng Gunung Marapi

"Banjir bandang yang terjadi bersumber dari limpasan Sungai Babakan yang melintas dari Cikesal Kidul, Cikesal Lor dan Ketanggungan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) BNPB, Agus Wibowo, dalam keterangan tertulis. 

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, kata Agus, belum ada laporan korban jiwa. Air yang melintasi permukiman warga sudah surut. BPBD, TNI, Polri, SAR, relawan dan lainnya sudah di lokasi untuk mengevakuasi serta menyelamatkan warga terdampak.

Lumpuh 4 Jam Akibat Banjir Lahar Dingin, Jalan Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui

Berdasarkan laporan tim di lapangan disebutkan bahwa enam rumah warga rusak ringan dan satu rusak berat. Hanya ada satu keluarga yang mengungsi.

Korban tewas dan selamat banjir bandang saat dievakuasi ke Puskesmas di Kabupaten Langkat.(istimewa/VIVA)

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Banjir badang atau air bah terjang lokasi wisata pemandian Kolam Abadi Teroh-teroh/Pelaruga Jungle, di Dusun I Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingei, Sumatera Utara.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024