Datangi Daerah Bencana Terisolir di Bogor, Sohibul: Ada Problem Erosi

Presiden PKS Sohibul Iman datangi daerah longsor
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA –  Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengunjungi daerah terdampak bencana banjir dan longsor di Bogor, Jawa Barat, Kamis pagi, 9 Januari 2020. Sohibul berhasil mendatangi daerah yang terisolir di Bogor yaitu kawasan Gunung Koneng dan daerah rekolasi Pasir Madang.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

Sohibul bersama kader PKS berhasil melewati tebing curam yang terdampak longsor. Ia menyebut bencana yang menerjang Bogor kali ini memang tak biasa karena ada persoalan erosi yang menyulitkan warga.

"Saya menemukan bukti bahwa ternyata bencana kali ini sangat luar biasa. Sebelumnya saya melihat bencana di Jakarta dan sekarang kita datang ke hulunya. Memang di hulunya ada problem erosi luar biasa yang menyulitkan warga. Sebab, di beberapa tempat dan jalan tertutup sehingga ada desa yang terisolir," kata Sohibul di lokasi pengungsian Desa Jaya Raharja, Bogor.

Sekda Supian Suri Datangi DPD PAN untuk Maju Jadi Wali Kota Depok

Sohibul menyampaikan syukur dirinya bersama kader PKS diberikan kesempatan untuk bisa mendatangi daerah terisolir di Bogor. Padahal, sebelumnya Presiden Joko Widodo tak bisa menjangkau daerah terisolir tersebut.

"Alhamdulillah kami bisa mendatangi daerah-daerah terisolir itu yang sebelumnya mungkin Pak Jokowi tidak bisa ke sana, Alhamdulillah berhasil kami datang ke sana," tutur Sohibul.

Partai Gelora Tolak PKS Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Ini Alasannya

Terkait hal ini, ia berharap pemerintah pusat punya tindakan cepat soal masalah kebencanaan. Kata dia, pemerintah pusat lewat Presiden Jokowi mesti mengambil alih banjir di Jaboetabek dan Kabupaten Lebak, Banten. 

Selain itu, kepala daerah sekitar Jakarta juga mesti aktif dalam bencana Jabodetabek. Sebab, tak bisa jika hanya mengandalkan kepala daerah Jakarta.

"Bukan hanya di Jakarta, tetapi juga ini bagian dari kawasan megapolitan. Tentu saja harus melibatkan kepala daerah atau gubernur setempat," ujar dia.

Presiden PKS Sohibul Iman datangi daerah longsor

Dia menilai bencana ini bukan hanya Jakarta sentris ini sehingga dibutuhkan penanganan khusus. Salah satu yang disorotnya adanya peningkatan kawasan alih lahan. Pelaku usaha diingatkan menaati aturan agar tak memunculkan bencana susulan.

"Saya semakin yakin penanganan banjir harus bersifat holistik-komprehensif. Tidak hanya mengatasi di hilir tapi juga di hulu. Nah, di hulu itu perlu ada peningkatan pengawasan alih lahan yang seharusnya hutan lindung menjadi lahan itu tidak boleh," ujar dia.

Dalam kunjungan ke daerah terisolir di Bogor ini, Sohibul datang bersama Ketua Gerakan  Nasional Tanggap Bencana (Genta) PKS Naharus Surur, Ketua DPP PKS Fahmy Alaydroes, Ketua Fraksi PKS DPRD Jawa Barat Ahmad Ru'yat, serta Ketua DPD PKS Bogor Agus Salim.

Sohibul dan para kader PKS menyumbang ratusan meter pipa paralon untuk korban bencana yang bisa berfungsi memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya