Propam Periksa Pria yang Disebut IPW Diperas Oknum Polisi Rp1 Miliar

Gedung Polda Metro Jaya, Sudirman
Sumber :
  • vivanews/Andry

VIVA – Pria bernama Budianto yang disebut Indonesia Police Watch (IPW) diperas oleh oknum penyidik Polres Metro Jakarta Selatan, diperiksa Propam Polda Metro Jaya, Rabu, 15 Januari 2020.

MUI Yakin Polisi Punya Bukti Kuat Jadikan Panji Gumilang Tersangka TPPU

"Untuk klarifikasi terkait ini ya (isu pemerasan Rp 1 miliar)," ujar Budianto saat dikonfirmasi wartawan, Rabu, 15 Januari 2020.

Dia mengaku akan memberikan klarifikasi soal isu yang diembuskan IPW. Dia mau menjelaskan bahwa yang dimaksud IPW itu salah. Dia mengaku tidak menceritakan semuanya saat menelepon Presidium IPW, Neta S Pane. Menurut dia, yang memeras dia adalah makelar kasus berinisil A, bukan dari Korps Bhayangkara. 

Belajar dari Kasus Kecelakaan Maut Subang, Polri Minta Masyarakat Lakukan Ini Sebelum Sewa Bus

Budianto mengaku membawa bukti percakapan antara dia dengan makelar kasur itu. Makelar itu mengaku bisa membantu kasusnya apabila dibayar Rp1 miliar. Dimana saat itu si A membawa-bawa nama Kasat Reskrim Polres Metro Jaksel. "Klarifikasinya saya mau sampaikan kalau (mafia kasus) itu mengatasnamakan kasat sesuai bukti WA yang nanti saya kasih," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Indonesia Police Watch (IPW) mengapresiasi Polri yang telah mencopot penyidik Polres Jakarta Selatan yang diduga meminta uang Rp1 miliar kepada pelapor Budianto.

Komjen Fadil Cek Kesiapan Personel Amankan World Water Forum di Bali, Tekankan Hal Ini

"Tindakan tegas ini perlu dilakukan Polri kepada anggotanya yang brengsek agar citra Polri terjaga dan kepercayaan publik kepada jajaran kepolisian tetap terbangun," kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch, Neta S Pane kepada VIVAnews di Jakarta, Sabtu, 11 Januari 2020.

Menurut dia, pencopotan penyidik Polres Jakarta Selatan itu tertuang dalam surat No: ST/13/I/2020 tertanggal 08 Januari 2020 dan yang bersangkutan digeser ke lembaga pendidikan.

Proses Evakuasi Kecelakaan Bus Siswa SMK di Subang

Polri Sebut Bus Maut yang Bawa Rombongan SMK Asal Depok Sudah Pindah Tangan, Kok Bisa?

Bus maut pariwisata Trans Putera Fajar itu membawa rombongan SMK Lingga Kencana Depok. Dilaporkan 11 orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024