Cegah Banjir, Polri Imbau Tanah di Pinggir Jalan Tol Ditanami Pohon 

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Polisi Istiono
Sumber :
  • Humas Korlantas Polri

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Istiono mengimbau agar setiap ruas jalan tol yang baru dibangun dan sudah lama dibangun agar ditanami pohon. Hal ini dimaksudkan untuk pencegahan bencana banjir dan kerusakan jalan yang kerap terjadi.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

"Dengan adanya tol baru ini harusnya di pinggir-pinggir itu ditanami pohon untuk mencegah terjadi kerusakan jalan tol yang memang kontur tanahnya labil. Ini kan baru semua dan harus dikuatkan," kata Istiono di Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Januari 2020.

Demi melakukan penghijauan di sekitar ruas jalan tol, pihaknya akan melakukan penanaman pohon di jalan tol. Pada hari Jumat besok, sebanyak dua ribu pohon akan ditanam di ruas tol Cipali.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

"Besok hari Jumat dilakukan penanaman pohon di jalan tol kita pilih di ruas tol Cipali. Sebanyak dua ribu pohon jenis pohon keras bisa menyerap air dan kuatkan tanah," katanya.

Selain masalah penghijauan, mantan Kapolda Bangka Belitung ini pun menyinggung masalah sampah yang kerap menjadi penyebab banjir. Ia pun menggandeng instansi dan pihak lainnya untuk mengkampanyekan agar masyarakat sadar membuang sampah pada tempatnya.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

"Masalah sampah itu menjadi isu utama bahkan dunia dan terus berulang. Dengan demikian tidak bosan-bosannya kita menggandeng instansi lainnya ayo kita ciptakan lingkungan bersih. Bencana banjir bisa disebabkan oleh sampah," ujarnya.

Warga terisolir akibat banjir sejak sembilan bulan lalu

Berbulan-bulan Banjir Tak Kunjung Surut, Daerah di Bulak Barat Depok Ini Bak Kampung Mati

Sudah berbulan-bulan warga Kampung Bulak Barat RT 04 RW 08 Kelurahan Cipayung, Depok terisolir akibat banjir.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024