Gempa Berkekuatan 4,3 SR Guncang Kepulauan Selayar Sulsel

Gempa bumi di Selayar Sulawesi Selatan
Sumber :
  • VIVAnews/Irfan

VIVA – Gempa bumi berkekuatan 4,3 skala richter mengguncang Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, sekitar pukul 15.35 atau 16.35 WIB, Kamis, 16 Januari 2020.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Menurut BMKG, pusat gempa berada di 23 kilometer Tenggara, Bontomene, Selayar. Getaran gempa tektonik itu juga dirasakan warga di Kabupaten Bulukumba.

“Di Bulukumba, terasa getarannya. Rata-rata teman bikin status,” kata Haidir, salah seorang warga Bulukumba.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Menurut Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan, dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi itu termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Selayar yang berdekatan dengan pusat episenter.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya keterangan resmi.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Sebelumnya, gempa 3,4 SR juga melanda Karangasem, Bali, pada pukul 05.18 WIB. Pusat gempa berada di laut 23 kilometer Tenggara, Karangasem. (ase)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024