Jadi Pimpinan DPR, Begini Ribetnya Kesibukan Azis Syamsudin

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsudin
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Sudah hampir tiga bulan pimpinan DPR periode 2019-2024 menjalankan tugasnya termasuk Azis Syamsudin. Wakil Ketua DPR koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan itu bisa jadi pimpinan DPR yang punya rutinitas seabrek.

Airlangga Tunjuk Tokoh Jadi Waketum Golkar, Pengamat: Amankan Suara

Azis mesti melek memantau dinamika peristiwa yang menjadi tanggungjawab sesuai tugas pokok dan fungsi atau tupoksi-nya. Selain itu, sebagai pimpinan DPR mesti dijadwalkan menerima audiensi dari perwakilan masyarakat atau tokoh serta pimpinan lembaga lain.

Seperti agenda kegiatan hari Senin, 20 Januari 2020. Rentetan agenda mesti diikutinya mulai menerima tamu organisasi masyarakat atau ormas Front Aktivis Tanah Air di ruang kerjanya. 

Pimpinan DPR Masih Tunggu Golkar soal Pengganti Azis Syamsuddin

Di sela itu, ia juga menerima perwakilan Asosiasi Video Game Indonesia (AVGI). Dalam audiensi itu, ia juga diperkenalkan karya anak bangsa, game Lokapala.

Selanjutnya, Azis ikut rapat kerja atau raker Komisi III dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin yang membahas persoalan Asuransi Jiwasraya.

Harta Azis Syamsuddin Rp100 M Lebih, Didominasi Tanah dan Bangunan

"Saat itu meminta penjelasan lebih mendalam terkait penanganan kasus PT Asuransi Jiwasraya dan dilanjutkan dengan membentuk Panja Pengawasan Penegakan Hukum Jiwasraya," kata Azis, dalam keterangannya, Rabu 22 Januari 2020.

Selesai ikut raker, Azis pun mesti menghadiri kegiatan Partai Golkar terkait persiapan Pilkada serentak 2020. Azis yang juga Wakil Ketua Umum Golkar itu sebagai mentoring serta panelis yang melakukan wawancara terhadap calon kepala daerah.

"Acara ini diselenggarakan Tim Penjaringan DPD Partai Golkar," tutur Azis.

Kemudian, keesokan harinya, Selasa 21 Januari 2020, Azis bersama Wakil Ketua DPR Bidang Kesejahteraan Rakyat Muhaimin Iskandar dan Ketua DPR Puan Maharani melakukan kunjungan kerja ke Kantin Diplomasi di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat.

Mengunjungi tempat unik seperti Kantin Diplomasi ini, ada apresiasi Azis untuk Kemlu. Sebab, konsep kantin ini tak hanya sekadar tempat makan pegawai, tapi sebagai tempat menjamu diplomat asing, Kemudian, tempat untuk mengadakan berbagai rapat internal.

Lalu, keesokan Rabu, 22 Januari 2020, Azis diundang mewakili pimpinan DPR untuk menghadiri perayaan hari kemerdekaan negara Slovakia di Kedutaan Slovakia untuk RI. Dalam acara ini hadir pula Menteri Keuangan Sri Mulyani serta Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar, Dave Laksono.

Aziz dan empat pimpinan DPR lainnya yaitu Puan Maharani (ketua), Muhaimin Iskandar, Rahmat Gobel, dan Sufmi Dasco Ahmad dilantik pada Selasa, 1 Oktober 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya