Hadir Kembali Setelah 36 Tahun, 'Si Gombar' Disambut Warga Garut

Kehadiran si Gombar disambut warga, di Garut, Jabar, Kamis, 23 Januari 2020.
Kehadiran si Gombar disambut warga, di Garut, Jabar, Kamis, 23 Januari 2020.
Sumber :
  • VIVAnews/ Diki Hidayat (Garut)

VIVA – Lokomotif diesel CC 2017723 yang dijuluki Si Gombar (Gombar berarti suara besar dan keras) hadir di Stasiun Kereta Api (KA) Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis, 23 Januari 2020. Gombar datang setelah 36 tahun tak hadir di wilayah itu,

Si Gombar tiba di Stasiun KA Garut Kota ditumpangi oleh Executive Vice President PT. KAI Daop 2 Bandung Fredi Firmansyah dan rombongan. Kehadiran si Gombar yang memiliki bobot 25 ton di Stasiun KA Garut Kota dari arah Stasiun Cibatu tersebut merupakan rangkaian uji coba rel dan bantalan KA yang pembangunannya sudah selesai, dengan kecepatan 20-25 Km per jam.

"Secara keseluruhan kondisinya sudah bagus, adapun kekurangannya hanya tinggal penambahan ballast (jalan untuk penempaan bantalan rel KA)," ujar Fredi, Kamis, 23 Januari 2020.

Target pertama yang akan dipenuhi terlebih dulu secara operasional kereta api, sedangkan target pengembangan seperti gedung-gedung prosesnya akan dilakukan kemudian sambil berjalan. Bangunan Stasiun Garut Kota untuk sementara menggunakan bangunan lama. "Jadi target utama KA-nya beroperasi, nah nanti kita akan bangun stasiunnya yang megah," ujar Fredi.

Sementara itu Cecep (55), warga Kampung Mawar, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut mengaku terharu dengan tibanya Lokomotif diesel CC 2017723. Sebab, saat Cecep masih anak-anak sering menyaksikan kereta yang dijuluki si Gombar melintas di depan rumahnya. "Ini mengembalikan kenangan saya masa kecil, si Gombar sering lewat, kini hadir kembali," katanya.