Kapolda: Ari Sigit Terima Aliran Dana dari Memiles

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan ungkap kasus investasi ilegal
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono

VIVA – Penyidik Kepolisian Daerah Jawa Timur mendalami status aliran dana dari PT Kam and Kam (MeMiles) ke rekening Ari Haryo Sigit (AHS), sebagai reward atau yang lainnya. Dari situ akan diketahui apakah Ari hanya berperan sebagai member atau bahkan bagian dari sistem investasi yang diduga ilegal tersebut. 

Gibran Bereskan Pekerjaan Wali Kota usai Putusan MK, Siapkan Investasi Kecerdasan Buatan

"Di dalam berita acara (pemeriksaan) memang selalu menyebutkan, di mana AHS itu menerima aliran dana dan ada hubungan sebagai konsultan," kata Kepala Polda Jatim, Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan di Markas Polda Jatim di Surabaya pada Kamis, 23 Januari 2020. 

Bukti pendukung kini tengah dicari dan dianalisis oleh penyidik untuk mengetahui secara pasti peran AHS di MeMiles. "Kita masih mencari bukti-bukti apakah ada secarik kertas, ataukah di dalam struktur, atau di dalam pendirian PT Kam and Kam, surat yang menunjuk secara administrasi," tandas Luki. 

Mantan Kajari Bondowoso Divonis 7 Tahun Penjara terkait Kasus Suap

Sebelumnya, Ari Sigit mengaku menjadi member di MeMiles. Adapun dua unit mobil Toyota Alphard adalah reward MeMiles kepada dua anggota keluarganya, yaitu FFC dan IAR, yang juga member. Dua mobil tersebut sudah diserahkan kepada penyidik sebagai barang bukti. 

"Keluarga menginginkan supaya cepat kelar," kata Ari usai pemeriksaan di Markas Polda Jatim di Surabaya, Rabu, 22 Januari 2020. 

Cekcok dengan Istri, Seorang Pria di Surabaya Banting Bayinya yang Berusia 6 Hari

Polda Jatim mengungkap investasi ilegal berkedok jasa pemasangan iklan bernama MeMiles. Dijalankan PT Kam and Kam, selama delapan bulan anggota berhasil direkrut sebanyak 264 ribu orang. Uang yang sudah dihimpun dari anggota sebanyak lebih dari Rp761 miliar hanya dari satu rekening. 

Kasus ini bikin heboh karena diduga menyeret nama sejumlah artis terkenal. Polisi sudah menetapkan lima tersangka dalam kasus ini, yakni dua bos PT Kam and Kam, KTM dan FS, motivator sekaligus perekrut artis berinisial ML alias Dokter Eva, tim IT MeMiles berinisial PH, dan satu tersangka baru berinisial W. Uang sebanyak Rp128,1 miliar, belasan mobil, dan aneka barang lain turut disita sebagai barang bukti.

Via Vallen

Rumah Pedangdut Via Vallen Digeruduk Warga Terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Kediaman penyanyi dangdut Via Vallen di daerah Kalitengah, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, digeruduk oleh sejumlah warga pada Senin malam, 22 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024