Kontak Senjata dengan Aparat, Dua Anggota KKB Papua Tertembak

Kapolda Papua Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw, di Papua.
Sumber :
  • VIVAnews/ Aman Hasibuan (Papua)

VIVA – Dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tertembak dalam kontak senjata dengan aparat keamanan TNI dan Polri di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Minggu 26 Januari 2020.

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

“Iya benar tadi sekitar pukul 12.00 WIT siang, terjadi kontak tembak antara Satgas 433 Kostrad dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Sugapa, Intan Jaya,”jelas Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw.

Paulus mengatakan, dari informasi yang diterima dalam kontak tembak itu ada dua orang KKB tertembak. Namun, hingga kini pihaknya masih melakukan pengecekan tentang kebenaran itu, karena di Sugapa agak sulit berkomunikasi.

Sosok Matias Gobay, Dalang OPM atas Penembakan Keji Danramil Aradide

“Kami kesulitan untuk kontak ke Sugapa, karena posisi di lokasi tempat kejadian sarana kontak agak sulit untuk komunikasi nya,”tegas Paulus

Menurut dia, kontak tembak antara KKB dengan aparat keamanan TNI dan Polri itu masih sempat terjadi hingga sore tadi. Hal itu sesuai dengan informasi dari Kapolres Paniai.

Dukung TNI Pakai Istilah OPM, Bamsoet: Urusan HAM Bicarakan Kemudian, Saya Siap Pasang Badan

“Jadi siang tadi pada saat satgas di atas terjadi kontak tembak. Jarak sekitar 2 kilometer dari arah Kota Sugapa, jadi dekat sekali,”ujarnya.

Ia mengatakan, kondisi di Kota Sugapa saat ini kondusif pascakontak senjata tersebut. Hingga saat ini belum diketahui dari kelompok mana mereka. 

“Jadi belum ada kejelasan dari kelompok mana?. Tapi kalau yang ada disana adalah kelompok Talenggeng,”ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya