Enam Hewan Ternak di Gunungkidul Mati Mendadak dan Positif Antraks

Petugas medis beraktivitas di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (20/1/2020). RSUP Dr. Sardjito menyediakan ruangan isolasi untuk penanganan penyakit menular seperti antraks sebagai upaya pencegahan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

VIVA – Sebanyak 60 hewan ternak di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dilaporkan mati sejak Desember 2019 hingga akhir Januari 2020. Enam ekor di antaranya dilaporkan positif terjangkit bakteri antraks.

Pemerintah Sudah Gelontokan Dana Desa Rp 609,68 Triliun Sejak 2015

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul Kelik Yuniantoro, berdasarkan data Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul memang tercatat ada 60 hewan ternak yang mati mendadak.

Berdasarkan pemeriksaan awal diketahui bahwa matinya hewan-hewan ternak ini disebabkan beberapa faktor, antara lain keracunan, kurang gizi, larva lalat, radang rahim, demam, kembung hingga kurang susu, dan terjangkit bakteri antraks.

Rampung Lebih Cepat, Gedung DPRD Gunungkidul yang Habiskan Rp36 M Bisa Dipakai Bulan Juli

Keenam ternak yang positif antraks, antara lain 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing, yang berasal dari Kecamatan Ponjong dan Kecamatan Rongkop, Gunungkidul. "Untuk yang positif antraks ada 2 ekor sapi dan 3 ekor kambing di daerah Ngrejek Wetan (Desa Bedoyo, Kecamatan Ponjong) dan 1 sapi di Desa Pucanganom (Kecamatan Rongkop)," katanya, Selasa, 28 Januari 2020.

Dari 60 hewan ternak yang mati, hanya 9 ekor yang diambil sampel darahnya. Sedangkan 51 ekor hewan ternak yang mati tidak diambil sampel darahnya karena penyebab kematiannya sudah jelas. (ase)

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis
Gunungkidul Beach Run 2024

Keseruan Lari sambil Menikmati Suasana Pantai di Ajang Gunungkidul Beach Run

Ribuan peserta lari dari berbagai usia membanjiri kawasan Pantai Krakal, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul di event Gunungkidul Beach Run,

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024