Peran Keraton dalam Kemerdekaan Indonesia

Para abdi dalem Keraton Solo.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq (Solo, Jawa Tengah)

VIVA – Para Raja atau Sultan yang saat itu memiliki pengaruh politik di wilayahnya, memiliki andil dalam melakukan perjuangan diplomasi dengan para penjajah asing, yang berusaha menguasai Indonesia ketika itu. Bahkan, tidak sedikit dari kerajaan atau keraton itu ikut terlibat dalam perang fisik melawan kolonial Belanda.

Summarecon Bakal Bangun Sekolah Al Azhar di IKN seluas 2,9 Hektare

Dan tidak sedikit pula raja-raja atau sultan-sultan yang ada ketika itu menghibahkan tanah atau harta kekayaannya, untuk dikelola negara atau pemerintah Indonesia.

Ketua Umum Forum Silaturahmi Keraton Nasional (FSKN), Sultan Sepuh XIV Cirebon, PRA Arief Natadiningrat mengatakan, jauh di masa prakemerdekaan Republik Indonesia ratusan kerajaan yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara memiliki kontribusi besar terhadap kemerdekaan Indonesia.

Tegaskan Lanjut Bangun IKN, Prabowo: Kita Harus Investasi Lebih Banyak Selamatkan Jakarta

Sampai pada Indonesia merdeka tahun 1945, kontribusi kerajaan atau keraton di Nusantara tidak berhenti sampai di situ. Baca selengkapnya di Sorot 589: Nasib Keraton 'Pelat Merah'.

Dok. Istimewa

Megawati dan Cucu Suka K-Pop

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengunjungi pameran seni milik Butet Kartaredjasa di Galeri Nasional, Jakarta pada Senin, 13 Mei 2024. Pada kesem

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024