Bawa 176 Penumpang, KMP Parama Kalyana Kandas di Padang Bai Bali

Tim gabungan evakuasi korban KMP Parama Kalyana
Sumber :
  • Istimewa/Bobby Andalan

VIVA – Kapal Motor Penumpang (KMP) Parama Kalyana kandas sekitar 100 meter sebelum sempat bersandar di Dermaga 1 Pelabuhan Padang Bai, Rabu 29 Januari 2020. Kapal dengan rute Lembar menuju Padang Bai tersebut membawa 176 orang yang terdiri dari ABK dan penumpang. 

TNI AL Turun Tangan, KM Sirimau Lepas dari Kandas di Perairan Adonara

Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bali menerima informasi satu jam setelah peristiwa terjadi. Gusti Ngurah Eka sebagai pelapor menjelaskan, kapal itu membawa 50 unit sepeda motor, 2 unit kendaraan roda empat, 10 unit truk sedang, 9 unit truk besar dan 6 unit tronton. 

"Kapal tersebut kandas saat melakukan olah gerak untuk proses sandar di Dermaga 1 Pelabuhan Padang Bai pada pukul 05.25 WITA. Namun, posisinya aman dan menunggu air pasang," jelas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Gede Darmada. 

Kapal Tanker Kandas di Pantai Sancang Garut, Diduga Salah Jalur

Sekitar pukul 08.20 WITA, Gede Darmada mengatakan, tim SAR gabungan melaksanakan evakuasi Sorti pertama menggunakan RIB menuju dermaga.

“Proses evakuasi berlangsung kurang lebih 2 jam dengan hasil seluruh penumpang telah terevakuasi dalam keadaan selamat dan kapal akhirnya bisa sandar di dermaga," jelas Gede Darmada.

Bali Dibuka bagi Turis Asing Tanpa Karantina Disambut Antusiasme

Proses evakuasi melibatkan personel dari Basarnas Bali Pos SAR Karangasem, Polair Polda Bali, Polsek Padang Bai, KPLP Padang Bai, ASDP Padang Bai, Bakamla, BPBD Kabupaten Karangasem.

Selain itu, ada kru Spead Boot Ekajaya, kru Wahana dan masyarakat setempat. Sementara itu, upaya pemindahan penumpang dilakukan menggunakan 1 unit RIB, 1 unit speed boat Eka Jaya, sekoci Wahana, dan perahu nelayan.

Pantai Kuta (foto: dok. pribadi)

KTT G20 Sukses: Indonesia di Puncak Dunia?

Indonesia merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang menjadi anggota G20.

img_title
VIVA.co.id
21 November 2022