Jokowi: Kesiapan Evakuasi WNI di Wuhan Diputus Sore Ini

Jokowi dalam acara perayaan Imlek Nasional
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah siang hingga sore ini, Kamis 30 Januari 2020 akan merapatkan opsi pemulangan warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Wuhan, China.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Di Puspitek Tangerang Selatan, Banten, Jokowi mengatakan, opsi pemulangan sudah ada. Tinggal kesiapan dari Indonesia mengenai teknis pelaksanaannya. Jokowi juga sudah meminta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk menjajaki opsi pemulangan itu.

"Kalau ini kita evakuasi (teknis) masuknya seperti apa. Kemudian setelah kita bawa ke sini, apakah ada karantina dalam jumlah banyak. Hal seperti ini jangan dianggap gampang," kata Jokowi, Kamis 30 Januari 2020.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Mengingat, kata Jokowi, virus ini telah memakan korban dengan jumlah puluhan orang meninggal dunia. "Sore ini baru akan kita putuskan (kesiapan evakuasi)," ujar Presiden.

Kepala Negara menegaskan, pemerintah sebetulnya sudah siap. Seperti dari TNI melalui Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Hanya memang diakuinya, evakuasi harus melihat aturan dari negara China untuk bisa memulangkan.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

"Kesiapan kita, tim TNI d bidang kesehatan sudah siap. Artinya tinggal memutuskan, tapi juga melihat ke sana. Ini di negara sana (aturan aturannya)," tutur Jokowi.

Kadispenad Brigjen TNI Kristomei Sianturi

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Menjadi seorang jenderal adalah keinginan utama bagi setiap anggota TNI yang ingin mencapai puncak karier mereka. Nah, ada beberapa jenderal termuda di TNI AD.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024