Batik Air A330-300 Dipilih Angkut 245 WNI dari Wuhan, Ini Alasannya

Pesawat Batik Air terlibat proses evakuasi WNI dari Wuhan
Sumber :
  • VIVAnews/Sherly

VIVA – Pesawat Air Bus A330 seri 300 terpilih dalam proses evakuasi mengangkut 245 WNI dari Wuhan China menuju Natuna, Kepulauan Riau. Ada beberapa alasan pendukung dipilihnya pesawat milik maskapai nasional Batik Air tersebut.

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

Corporate Communications Strategic of Lion Grup, Danang Prohantoro menjelaskan alasan dipilihnya Batik Air A330-300 mengangkut ratusan WNI yang berada di Wuhan, China untuk kembali ke tanah air. Salah satunya unit Airbus 330-300 memiliki peralatan yang dapat menyaring udara di dalam pesawat.

"Pesawat ini dipilih karena memiliki alat penyaring udara," kata Danang, Sabtu, 1 Februari 2020.

WNI di Qom: Iran Malah Menunggu-nunggu Serangan Balasan Israel, Rakyatnya Tidak Takut

Pesawat ini juga punya spesifikasi kapasitas besar yang mampu menampung 392 tempat duduk.

Meski demikian, pelaksanaan penerbangan tetap berpedoman kepada prinsip-prinsip dan standar operasional prosedur (SOP) kesehatan. Hal ini penting untuk memastikan pengamanan awak pesawat, tim medis, tamu atau penumpang lainnya.

Bangga Promosikan Batik, Desainer Barbie Awliya Berjuang Keras di Paris

"Untuk awak pesawat setelah selesai bertugas akan menjalani proses karantina kesehatan dalam tahapan pengawasan," ujarnya.

Kemudian, setelah pesawat tiba di Natuna, sesuai SOP akan langsung masuk hangar atau pusat perawatan pesawat. Langkah ini masuk proses observasi guna dilakukan pembersihan, sterilisasi dan perawatan.

Pesawat ini sudah terbang menuju Bandara Internasional Tianhe Wuhan, Cina pada Sabtu, siang tadi. Menuju Wuhan, ada awak pesawat dan 42 anggota tim khusus yang akan  mengevakuasi 245 WNI di Wuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya