Melayat Almarhum Gus Sholah, Jokowi: Indonesia Kehilangan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah
Sumber :
  • VIVAnews/Bayu Nugraha

VIVA – Presiden Joko Widodo melayat ke rumah duka KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. Diketahui bahwa Gus Sholah meninggal dunia pada Minggu malam, 2 Februari 2020.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Jokowi tiba di rumah duka almarhum Gus Sholah di Jalan Bangka Raya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan sekitar pukul 07.33 WIB. Jokowi terlihat mengenakan baju putih dan peci hitam.

Kedatangan eks gubernur DKI Jakarta ini disambut oleh pihak keluarga. Salah satunya adalah putra Gus Sholah, Irfan Wahid. Terdengar lantunan selawatan juga terus diucapkan.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Usai masuk ke rumah duka, orang nomor satu Indonesia ini menyampaikan atas nama pemerintah negara dan masyarakat Indonesia turut berduka cita atas meninggalnya Gus Sholah.

"Saya atas nama pemerintah, negara dan seluruh masyarakat Indonesia menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya ke Rahmatullah Bapak KH. Dr. Ir. Salahuddin Wahid, Gus Sholah, tadi malam jam 8.55 di Rumah Sakit Harapan Kita," kata Jokowi.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Menurut Jokowi, Gus Sholah adalah sosok cendekiawan muslim yang menjadi panutan bersama. Karena ini, dengan wafatnya Gus Sholah maka Indonesia sangat kehilangan.

Jokowi pun berdoa agar segala amal ibadah almarhum dapat diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta kesabaran.

"Beliau adalah cendekiawan muslim yang menjadi panutan kita bersama dan tentu saja kita semuanya masyarakat Indonesia sangat kehilangan atas pulangnya beliau ke Rahmatullah," ujarnya.

Jokowi lalu bercerita bahwa dia terakhir bertemu Gus Sholah di Istana. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengaku bahwa Gus Sholah menyampaikan banyak hal mengenai keislaman dan kebangsaan.

Gus Sholah meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Kita, Minggu, 2 Februari pukul 20.55 WIB malam tadi. Pagi nanti, rombongan pengantar jenazah Gus Sholah akan bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 10.00 WIB. Jenazah akan dimakamkan di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur sekitar pukul 16.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya