Tahun Ini, Calon Jemaah Haji Asal Jawa Barat Berangkat dari Kertajati

Jemaah haji dari Bekasi.
Sumber :
  • Dani/VIVAnews.

VIVA – Keberangkatan calon jemaah haji asal Kabupaten Bekasi tidak akan melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada tahun ini. Sebab, titik keberangkatan menuju Saudi Arabia akan melalui Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati yang ada di Kabupaten Majalengka.

Tuding Pj Gubernur Jawa Barat Tidak Netral saat Pemilu 2024, Hakim MK: Tak Ada Saksinya

“Begitu pula pulangnya akan melalui Bandara Kertajati dari Saudi Arabia,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Shobirin, Selasa 4 Februari 2020. 

Shobirin menuturkan, keputusan itu ditetapkan menyusul telah disepakati Bandara Internasional Kertajati sebagai embarkasi haji untuk jemaah haji asal Jawa Barat oleh pihak Kementerian Agama. Sebenarnya keputusan itu sudah direncanakan jauh sebelumnya.

Warga Dikejutkan Penemuan Mayat Bayi Laki-laki di Kali Cikeas

“Penetapan ini bukan juga hanya berlaku untuk Kabupaten Bekasi saja, melainkan berlaku kota dan kabupaten Se Jawa Barat,” kata Shobirin.

Meski terjadi perubahan titik keberangkatan, kata Shobirin, setiap calon jemaah haji asal Jawa Barat tetap sama melakukan aktivitas sebelumnya.

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

“Jadi calon jemaah haji kita tetap transit dulu di Asrama Haji Bekasi (Pondok Gede) untuk mendapat hak-haknya. Seperti living cost (uang saku), gelang identitas, kegiatan pembinaan, pemeriksaan kesehatan dan lain sebagainya. Nah dari situ, baru mereka akan diantar ke Bandara Kertajati.” 

Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Saat ini, data jemaah haji Indonesia yang masuk sebanyak 216.692. Dari jumlah itu, sebanyak 207.527 jemaah datanya sudah diverifikasi untuk diajukan penerbitan visanya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024