Sikapi Ekonomi Global, Jokowi Minta Jajarannya Percepat Serap Anggaran

Jokowi pimpin sidang kabinet paripurna di Istana Bogor
Sumber :
  • Eduward Ambarita/VIVAnews

VIVA – Presiden Joko Widodo meminta seluruh jajaran di bawahnya untuk segera membelanjakan anggaran negara. Hal itu diminta Jokowi dalam rangka mengantisipasi dampak ketidakpastian ekonomi global.

Ada Aturan Baru, Bos BPJS Kesehatan Wanti-wanti RS Jangan Kurangi Tempat Tidur Rawat Inap

"Dalam situasi sekarang, percepatan kita membelanjakan anggaran yang ada di setiap kementerian seawal mungkin jadi sebuah pengungkit," kata Jokowi mengawali sambutannya dalam sidang kabinet paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa 11 Februari 2020.

Jokowi sebut ketidakpastian ekonomi global juga diperparah wabah virus Coronoa dari China. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menginstruksikan, seluruh kementerian dan lembaga memulai penggunaan anggaran, sejak Februari ini.

Harga Pangan Dunia Naik, Jokowi Bersyukur RI Termasuk yang Masih Rendah

"Sebelum Februari ini (selesai) belanja agar segera direalisasikan di seluruh Kementerian dan Lembaga," kata dia.

Menurut Jokowi, beberapa instansi seperti Kementerian Sosial serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah mulai menggunakan kas negara dengan efektif. Seperti menyalurkan program- program sosial dan dan pembangunan infrastruktur. Jokowi mengatakan, distribusi penyaluran Program Keluarga Harapan dapat dirasakan masyarakat secara langsung.

Diajak Jokowi Kunker ke Sultra, Qodari ungkap Tingginya Kepuasan Rakyat ke Presiden

"Itu akan sangat membantu," tuturnya.

Presiden Jokowi Kunjungi Pasar Laino Raha (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Kunjungi Pasar Laino Raha, Presiden Jokowi Disambut Ribuan Warga Muna

Ribuan warga menyambut kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pasar Laino Raha, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara pada Senin, 13 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024