DPR Minta Pemerintah Beri Pendampingan Medis 3 WNI Terjangkit Corona

Penumpang Kapal pesiar Diamond Princess dikarantina di tengah laut
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Komisi IX DPR RI meminta Kementerian Luar Negeri proaktif melakukan pendampingan terhadap 3 WNI yang terjangkit virus Corona. Mereka diketahui berada dalam Kapal pesiar Diamond Princess di Jepang, dan dua di antaranya sudah dalam penanganan rumah sakit.

Anggota DPR Puji Pemerintah Antisipasi Macet Parah Sepanjang Arus Mudik 2024

"Memang itu warga kita harus ada pendampingan dari pemerintah dalam hal ini KBRI kita di Jepang, Tokyo. Yang dekat kan dengan KBRI Tokyo," kata Anggota Komisi IX DPR, Intan Fauzi, saat dihubungi VIVAnews, Selasa 18 Februari 2020.

Intan menilai ada perbedaan antara kasus yang terjadi pada 3 WNI dan ratusan WNI yang sudah menjalani masa observasi dari Kota Wuhan, China. Pada saat itu, sebanyak 238 warga negara belum dinyatakan positif dan perlu mengikuti masa karantina di Indonesia. 

Momen Dramatis Evakuasi Pemudik Hamil di Pelabuhan Kendari, Nyaris Lahiran di Atas Kapal

"Harus dilakukan pendampingan medis," kata dia.

Menurutnya, sebaiknya pemerintah Indonesia dalam waktu dekat berkoordinasi dengan otoritas Jepang sebelum dilakukan evakuasi ke Tanah Air. Sebab, infeksi virus yang sudah menyebar harus diisolasi.

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

Ia mengusulkan agar dilakukan penanganan jangka pendek. Di antaranya mengikuti pemeriksaan dan penanganan yang tengah dijalani di rumah sakit Jepang.

"Memang harus peran aktif pemerintah kita. Karena ini warga negaranya harus terus melakukan pendampingan dan itu dijamin konstitusi kita. Kalau sudah memang dinyatakan sehat dan layak terbang (boleh), karena ini ABK kita terkena wabah," ujarnya.

Verrell Bramasta.

Serius Berpolitik, Verrell Bramasta Mau Belajar ke Inggris Dulu Sebelum Dilantik Jadi Anggota DPR

Verrell Bramasta menjadi salah satu artis yang lolos dan dinyatakan menang dalam pemilihan umum atau Pemilu 2024. Verrell secara resmi terpilih menjadi anggota DPR RI.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024