Bangun Museum Galeri Seni SBY-Ani di Pacitan, Yudhoyono Diapresiasi

SBY dan Ani Yudhoyono berfoto di atas sepeda motor vespa
Sumber :
  • Instagram @aniyudhoyono

VIVA – Presiden RI ke-6 sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan meletakkan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI. Bangunan museum ini akan dibangun di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Ploso, Pacitan, Jawa Timur, sabtu, 22 februari 2020.

Mimpi Jakarta LavAni Hattrick Juara Proliga

Ketua umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana mengatakan dari informasi yang diketahuinya, Museum dan Galeri Seni SBY-ANI dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektare. Untuk luas total bangunan museum dan galeri seni sekitar 7.500 meter persegi. Keberadaan Museum Galeri SBY-Ani ini nanti akan melengkapi deretan permuseuman di Tanah Air.

"SBY dalam kepemimpinannya selama 10 tahun menjadi presiden, telah  memberikan sumbangsih besar demi kemajuan permuseuman di Indonesia," kata Putu, Kamis malam, 20 Februari 2020.

AHY Diskusi dan Konsultasi dengan SBY soal Situasi Politik setelah Putusan MK

SBY disebut Putu memiliki perhatian terhadap museum karena sudah terbukti saat menjadi kepala negara. Contohnya, SBY membangun museum seperti Kepresidenan Balai Kirti dengan menampilkan profil figura Presiden RI pertama sampai keenam.

Dia menjelaskan makna museum yang dibangun SBY itu. Penamaan Balai Kirti punya arti penting. Balai yang berarti tempat, wadah atau ruangan. Adapun Kirti berasal dari istilah Sansekarta yang berarti perilaku atau tindakan yang membawa kemashlatan.

Klarifikasi Isu Koalisi Prabowo Bergejolak soal Jatah Menteri, Sekjen Gerindra Bilang Begini

Terkait itu, Balai Kirti punya makna sebagai bangunan yang menampung berbagai benda bersejarah, peninggalan dan perjalanan sejarah kepemimpinan para presiden RI.

Ketua umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana

SBY membangun Muesum Balai Kirti pada 2012. Tapi, SBY baru meresmikan pada 18 Oktober 2014. Tak hanya itu, figur SBY juga menggagas gerakan nasional cinta museum. Karena itu, SBY pernah diganjar penghargaan Bapak Pemajuan Permuseuman Indonesia pada 2016 lalu di TMII Jakarta.

Bagi dia, dalam kurun waktu 10 tahun, SBY saat jabat kepala negara punya perhatian dalam permuseumen nasional.

“Bapak SBY begitu berjasa dalam pemajuan permuseuman Indonesia khususnya selama 10 tahun kepemimpinan beliau dari 2004 sampai 2014. Banyak ide beliau yang membuat terobosan demi museum," jelas Putu.

Menurut Putu, tentu juga jadi kebanggaan bagi AMI karena tokoh seperti SBY masih mau terlibat dalam membangun gedung.

"Turut membangun museum demi meluhurkan dan memuliakan permuseuman Indonesia. Museum SBY dan Galeri ANI akan menjadi salah satu museum yang terbaik di tanah air. Akan ramai dikunjungi lapisan masyarakat yang ingin tau sejarah mengenai SBY-ANI," ujarnya.

Dalam peletakan batu pertama Museum Galeri SBY-ANI akan dihadiri eks sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu. Konsep bangunan ini disebut merupakan perpaduan antara Museum Kepresidenan SBY selama 10 tahun sebagai kepala negara dengan galeri seni Ani Yudhoyono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya