Pimpinan MPR dan Menko Polhukam Bahas Keamanan Papua

Ketua MPR RI 2019-2024, Bambang Soesatyo saat mengunjungi redaksi tvOne.
Sumber :
  • Eko Priliawito

VIVA – Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mengundang rapat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD. Kedua lembaga itu membahas penanganan konflik di Papua.

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

"Yang pertama kami ingin mendapat laporan terkait keamanan politik dan sosial," kata Ketua MPR, Bambang Soesatyo sebelum dimulai rapat di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Senin 24 Februari 2020.

Adapun agenda rapat dijadwalkan akan berlangsung tertutup. Bambang mengatakan, tiga pimpinan parlemen sekaligus berencana mengunjungi Papua pada awal bulan depan.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

"Kami pimpinan MPR, DPR, dan DPD akan berkunjung ke Papua tanggal 2 Maret sampai tanggal 5 untuk memastikan masalah keamanan. Karena mendengar laporan tentang keamanan, kami akan berkunjung ke sana," ujar politikus yang akrab disapa Bamsoet ini.

Menurut Bamsoet, persoalan keamanan Papua terus menjadi pekerjaan rumah di setiap masa pemerintahan siapa pun. Oleh karenanya, ia berharap, penyelesaian secara kolektif ini nantinya akan ada jalan keluar yang lebih konkret.

Youtuber Bobon Santoso Mau Jual Alphard Demi Kasih Makan Orang Papua

Selain kunjungan kerja, Bamsoet menjelaskan, pimpinan parlemen pun menjadwalkan kunjungan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Bumi Cenderawasih tersebut.

"Kami ingin ada jalan keluar secara permanen untuk Papua yang berkeadilan," tutur dia.

Tambang terbuka Grasberg yang sudah digali PT Freeport Indonesia. Kini operasional Freeport fokus ke tambang bawah tanah.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

PT Freeport Indonesia (PTFI) menyetorkan sekitar Rp 3,35 triliun bagian daerah, atas keuntungan bersih PTFI di tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024