Usai Kena Banjir, Alat Radiologi RSCM Diuji Fungsi

Alat kesehatan di RSCM yang sempat tergenang banjir
Sumber :
  • Twitter Agus Wibowo BNPB

VIVA – Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Minggu, 23 Februari 2020, sempat terendam banjir. Air masuk ke lorong-lorong rumah sakit dan membuat sejumlah peralatan radiologi, terkena air. Proses pengeringan terhadap peralatan tersebut sudah selesai dilakukan.

Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalan Margonda Akibat Hujan Deras

Dr Ananto, dari Humas RSCM, menyampaikan usai pengeringan tersebut, hari ini dilakukan uji fungsi alat. Uji ini dilakukan bersama dengan vendor terkait. "Pelayanan pasien radiologi akan tetap berjalan seperti biasa dan akan dilakukan di unit yang lain, seperti UGD, Kencana, dan Kiara," kata Ananto, melalui keterangan resminya, Senin, 24 Februari 2020.

Pihaknya berharap, alat-alat ini masih berfungsi dengan baik sehingga tidak mengganggu proses pelayanan yang dilakukan. "Diharapkan, alat-alat tidak mengalami kendala dan pelayanan di unit radioterapi hanya akan terlambat beberapa jam saja," lanjutnya.

Ribuan Rumah Terendam, 4 Jembatan Putus dan 1 Orang Hilang Akibat Banjir di Sumsel

Ananto menjelaskan, khusus untuk pelayanan kemoterapi, nantinya dokter akan melakukan pengalihan ke alat lain. Namun, jika alat tersebut masih tidak bisa digunakan, pihak RSCM akan melakukan proses rujukan ke rumah sakit lainnya.

Hujan deras yang mengguyur kawasan Jakarta dan sekitarnya Minggu, 23 Februari 2020 membuat sejumlah daerah terendam banjir. Salah satu tempat yang terkena imbas banjir yakni Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Bahkan, sejumlah alat-alat radiologi dan radioterapi terendam air.

UEA Tenggelam, Warga Ceritakan Kengerian Banjir Dubai

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Satriadi Gunawan menyebut, banjir terjadi lantaran kapasitas saluran pembuangan air tidak bisa menampung. Akibatnya, air melimpah dan masuk ke ruangan radiologi.

"Setelah kami cek, ternyata memang ada daya tampung taman yang dekat dengan ruangan radiologi yang karena tidak tertampung, kemudian air melimpah ke ruangan itu," kata Satriadi di RSCM, Jakarta Pusat, Minggu, 23 Februari 2020.

Kendaraan terjebak banjir di jalanan utama Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), 17/4

Curah Hujan Ekstrem di Dubai Terparah dalam 75 Tahun, 18 Orang di Oman Tewas

Ini merupakan rekor curah hujan tinggi yang turun di Dubai selama 24 jam terakhir hingga jam 9 malam. Sekaligus curah hujan terbesar dalam 75 tahun terakhir

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024