Pesawat Trigana Air Tergelincir, Bandara Sentani Papua Ditutup

Pesawat Trigana Air tergelincir di Bandara Sentani Papua
Sumber :
  • VIVAnews/Aman Hasibuan

VIVA – Pesawat Trigana Air Service PK-YSG dengan nomor penerbangan IL7341 tergelincir keluar landasan di Bandara SentaniJayapura, Selasa pagi, 25 Februari 2020, sekitar pukul 07.00 WIT.

Mudik Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Balik Seperti Sebelum Pandemi

Pesawat Trigana dengan tipe B737-300 yang sedianya akan terbang dari Sentani menuju Wamena mengangkut sembako dan sejumlah bahan bangunan, tergelincir pada saat line up. Namun, roda pesawat sebelah kanan keluar landasan di area runway.

Hingga saat ini, pesawat yang dipiloti Capt Marsa dengan engineer Tedjo, sedang dalam proses dikeluarkan dari landasan untuk mengurangi dampak operasional Bandara Sentani.

Mudik Lebaran 2024, Ini Titik Kemacetan di Bandara Soetta

Akibat insiden tersebut, Bandar Udara Sentani ditutup sejak pukul 07.00 WIT hingga saat ini. 

Perwakilan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Papua, Norbertus Tunyanan mengatakan, KNKT masih melakukan investigasi terhadap insiden tergelincirnya Trigana Air di Bandara Sentani, Selasa pagi tadi.

Cegah Lonjakan Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran, AP II Operasikan East Flyover di Bandara Soetta

"Kami masih lakukan investigasi dan kumpulkan data. Sekarang juga masih dilakukan proses evakuasi, saya baru dari lokasi," ujar Norbertus saat dikonfirmasi.

Pesawat Trigana Air tergelincir di Bandara Sentani Papua

 

Sementara itu, General Manager Garuda Indonesia Cabang Jayapura, Donald Jerry Riuwpassa, mengatakan, ada empat penerbangan yang terpaksa dibatalkan dari Bandara Sentani tujuan Biak, Merauke, Timika, dan Makassar.

"Ada sekitar 400 penumpang yang dibatalkan penerbangannya akibat insiden itu. Penumpang ini besok akan diberangkatkan semua dari Jayapura," ungkapnya.

Sementara itu, penerbangan yang dari Jakarta, Makassar, Biak, Jayapura, Denpasar, dan Timika, untuk sementara tidak terbang ke Bandara Sentani akibat insiden tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya