Tingkat Kepercayaan Publik Menurun, KPK Jadikan Penyemangat

Petugas membersihkan logo Gedung KPK di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghargai hasil survei Indo Barometer yang mengatakan kinerja lembaga antirasuah menurun. Dalam survei itu, tingkat kepercayaan masyarakat kepada lembaga KPK menurun dari sebelumnya masuk ke tiga besar, kini hanya bercokol di posisi keempat.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, justru menganggap survei itu sebagai penyemangat untuk bekerja. 

“Bagi KPK ini menjadi kritik masukan dan penyemangat untuk bekerja lebih baik ke depan," katanya dikonfirmasi awak media, Rabu, 26 Februari 2020.

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

Ditambahkan Ali, Pihaknya menghormati penilaian masyarakat termasuk hasil survei tersebut. Saat disinggung kinerja KPK menurun lantaran pemberlakuan UU KPK baru, menurut Ali harus dilihat secara kompherehensif.

"Pemberlakuan UU baru sampai saat ini, memang yang berbeda secara prinsip khususnya di penindakan itu ada di izin sita, sadap, geledah yang kenudian mekanismenya harus melalui Dewas. Dan perlu kami sampaikan, untuk kerja-kerja tadi kami sudah koordinasikan dengan Dewas. Kami sudah menyusun format perizinannya dan cara yang paling tercepat untuk lakukan perizinan tersebut," kata Ali.

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran

Ali mengklaim, sampai saat ini tidak ada kendala yang berarti. Bahkan, sambung Ali, lembaga antirasuah saat ini menjadi lebih baik ketika ada Dewas yang mengawasi.

"Ada yang mengawasi bagaimana mekanisme perizinan itu kemudian benar-benar hati-hati dan dipertanggungjawabkan secara hukum, baik itu penyitaan, penggeledahan, dan penyadapan," ujarnya.

Diketahui, Survei Indo Barometer masih menempatkan KPK sebagai lembaga penegak hukum terpercaya. Dalam hasil jajak pendapat Januari 2020 yang dilakukan Indo Barometer menyimpulkan tingkat kepercayaan terhadap KPK yang masih sebesar 81,8 persen dari 1.200 responden.

Direktur Indo Barometer Muhammad Qodari menjelaskan, meski masih diandalkan sebagai lembaga penegak hukum terpercaya, posisi lembaga antirisuah itu mengalami penurunan di sektor lembaga umum terpercaya. 

Indo Barometer menempatkan KPK sebagai lembaga negara terpercaya keempat setelah ormas Islam, Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, yang berada di peringkat ketiga.

“Biasanya KPK ini masuk tiga besar sebagai lembaga negara terpercaya,” kata Qodari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya