Pulang Setelah Dikritik, Ridwan Kamil Beberkan Agenda yang Dibatalkan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dihujani kritik saat kunjungan kerjanya ke Australia. Sebab, kunjungan itu dilakukan bertepatan dengan musibah banjir yang melanda berbagai daerah di Jawa Barat.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Kritik itu bertambah parah dengan aksi viral Emil bermain TikTok dengan Cinta Laura di ‘negeri kangguru’ tersebut. Alhasil, warganet hingga politisi pun menghujat.

Lewat akun Instagramnya, Emil menegaskan bahwa dirinya memutuskan untuk pulang ke tanah air. Dia pun membeberkan sejumlah daftar agenda kerja yang dia harus batalkan di Australia. 

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

"Saya memutuskan untuk membatalkan setengah agenda kerja," ujar Emil dikutip VIVAnews dari laman Instagram-nya, Kamis 27 Februari 2020.

Dijabarkan Emil, agenda kerja itu antara lain terkait finalisasi bantuan Australia untuk Citarum, pembangunan 23 rumah sakit, promosi investasi, dan penandatanganan kerja sama ekspor komoditas.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

"Dan kembali ke tanah air, untuk mengoordinasikan para kepala daerah yang daerahnya terdampak bencana banjir," ujarnya. 

Dia pun menyebut pembatalan sekitar 8 agenda kerja itu tengah dikoordinasikan agar tidak menimbulkan ketersinggungan secara diplomatik.

"Jika Gubernur berhalangan, sebenarnya ada Wakil Gubernur yang memiliki kekuatan mengambil keputusan yang setara dalam membantu Wali Kota dan Bupati sebagai kepala daerah terdepan jika terjadi situasi emergency di daerahnya. Semoga hal ini bisa menjelaskan informasi yang sebenarnya," kata dia.

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya