Tiba di Tanah Air, Ridwan Kamil Langsung Beri Uang ke Korban Banjir

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVAnews - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meninjau lokasi banjir di Kabupaten Subang di Kampung Kedung Gede, Desa Mulyasari, Kecamatan Pamanukan. Di lokasi tersebut, ratusan rumah masih terendam dengan ketinggian air mencapai 1 meter dan beberapa tanggul dan sebagian jalan penghubung ambruk akibat terjangan arus banjir.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Ridwan Kamil memberikan bantuan uang tunai Rp750 juta untuk biaya kebutuhan logistik dan assesment warga terdampak.

"Kita datang memberi bantuan logistik dan trauma healing. Mungkin masyarakat membutuhkan kehadiran pemimpin, makanya setengah agenda (ke luar negeri) saya cancel," ujar Ridwan Kamil, Kamis 27 Februari 2020.

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

Ridwan Kamil mengakui kepergiannya ke Australia menjadi perbincangan karena bertepatan dengan terjadi banjir di beberapa daerah. Selain Subang, pihaknya juga memberikan bantuan ke Bekasi dan Karawang.

"Saya baru mendarat (dari Australia) tadi pagi. Dinas di luar ada 20 agenda di Australia. (Lalu di) Turki (dan) Azerbaijan dibatalkan," katanya.

10 Desa dan 2 Kelurahan Terdampak Hujan Abu-Kerikil Erupsi Gunung Ruang, Menurut BNPB

Ridwan Kamil menegaskan terkait kontroversi penanganan banjir, semua perangkat daerah yang terdampak sudah menjalankan perannya.

"Otoritas ada di bupati wali kota. Proses lain-lain harus dikoordinasikan. Dalam tata kelola negeri ini, sungai dikelola pusat," katanya.

Banjir melanda provinsi Guangdong, China

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Banjir melanda provinsi Guangdong di China selatan, usai hujan badai yang deras melanda selama akhir pekan lalu, dan menewaskan sedikitnya empat orang ketika air meluap m

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024