Isu Jokowi Punya Pesawat Baru, Istana Jawab Cuma Sewa untuk ke AS

Presiden Joko Widodo (tengah) berbicara dengan Sekretaris Kabinet Pramono Anung (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Beredar isu Presiden Jokowi punya pesawat kepresidenan baru sebagai fasilitas tugas kenegaraan. Pihak Istana pun merespons dengan memberikan penjelasan terkait polemik tersebut.

Biar Nyaman dan Hemat, 7 Trik Pilih Maskapai Penerbangan yang Tepat

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, menjelaskan bahwa Presiden Jokowi akan menumpang pesawat baru dalam lawatannya ke Amerika Serikat. Namun, pesawat itu menyewa yang merupakan milik maskapai Garuda Indonesia. 

Berkunjung ke AS, Jokowi diagendakan hadir dalam acara Asean-US Special Summit, dalam waktu dekat.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Lagipula, ia menekankan pesawat kepresidenan saat ini yang digunakan mesti transit tiga kali. Padahal, setiap transit mesti mengisi bahan bakar sehingga membuat biaya lebih mahal.

"Setiap transit harus mengisi bahan bakar dan dihitung biayanya akhirnya menjadi lebih mahal. Dibandingkan dengan menggunakan pesawat yang selama ini digunakan sudah lebih mahal, capek kemudian, yang diangkut juga terbatas," kata Pramono di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 28 Februari 2020.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

Terkait pesawat yang menjadi viral di media sosial karena dipersiapkan untuk lawatan Jokowi, ia tak menampiknya. Pramono bilang kebiasaan presiden-presiden sebelumnya juga menyewa pesawat untuk jarak jauh.

"Biasa aja karena memang perjalanan jauh lebih murah. Diputuskan untuk itu," kata dia.

Pramono juga menyampaikan, salah satu agenda Presiden Jokowi pada acara itu yakni bertemu dengan Presiden AS Donald Trump.

Pun, terkait pesawat kepresidenan berjenis Boeing Business Jet (BBJ) 2 tipe 737-800 saat ini masih digunakan.

Sebelumnya, isu pesawat kepresidenan baru ini menuai kritikan dari sejumlah pihak. Selain politikus Demokrat Roy Suryo, ada pengamat penerbangan Alvin Lie yang ikut mengomentari penambahan pesawat baru Joko Widodo tersebut.

"1 pesawat Kepresidenan masih belum cukup? Masih nambah B777 ? Berapa anggaran yg dibelanjakan? Sementara semua Kementerian & Lembaga dikepras anggarannya. Pesawat Kepresidenan Baru Jokowi Manfaatkan Boeing 777 Garuda yang Nganggur," tulis Alvin di akun Twitternya, @alvinlie21.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya